Membaca Not Angka 1 dan 2 Ketuk

Membaca not angka 1 ketuk dan 2 ketuk yang dibahas saat ini. Pembahasan menggunakan gambar dan audio / video sehingga lebih mudah dimengerti.

Bagi anda yang baru belajar notasi angka dan sama sekali belum tahu not angka sebaiknya membaca dulu postingan yang berjudul  Mengenal Not Angka, Cara Membaca Not Angka dan Tempo. Setelah membaca 3 postingan itu, paling tidak anda akan mengerti, bahkan mungkin anda bisa langsung membaca.
Di bawah ini notasi dengan tanda sukat 4/4 dan tempo 60 bpm ( beat per minute ).



gambar not angka 2 ketuk


Karena notasi di atas temponya 60 ( 60 ketuk per menit ) maka setiap ketuk bernilai 1 detik. Sementara tanda titik di depan not menunjukan panjangnya not. Jadi setiap not di atas bernilai 2 detik. Dengan kata lain setiap 2 detik pindah not. Jika anda betul dalam membaca not di atas, maka hasilnya akan sama dengan video di bagian bawah.
Berikutnya notasi dengan nilai 1 ketuk, tempo 60 dan tanda sukat 4/4, lihat di bawah ini.


gambar not angka 1 ketuk


Cara membaca notasi di atas, setiap detik pindah not. Tanda 0 adalah tanda berhenti / istirahat berdurasi 1 detik. Jika anda betul membacanya maka hasilnya akan sama dengan video di bagian bawah.

Setelah anda bisa memainkan notasi di atas (notasi 1 ketuk ) coba ganti temponya menjadi  80. Gunakan metronom, Jika belum punya, silakan download di Play Strore (Android) – Gratis.
Jika anda benar memainkannya, maka akan sama dengan video di bawah ini.




Dalam video di atas ada 3 bagian :
Bagian ke-1 notasi angka yang 2 ketuk tempo 60
Bagian ke-2 notasi angka yang 1 ketuk tempo 60
Bagian ke-3 notasi dengan tempo 80
Semua contoh di atas menggunakan nada dasar C, jadi jika alat musik anda belum standar silakan stem dulu.

Postingan ini saya tujukan bagi orang yang baru belajar  notasi angka. Jika ada hal yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepat mungkin.
Semoga postingan ini bermanfaat.


updated Juli 2020

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel