Tangga Nada D ( Kunci Melodi D )

Tangga Nada D atau Kunci Melodi D yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar sehingga lebih mudah dimengerti.

Di dalam garis paranada ( not balok ) nada  D ditandai dengan 2 kres ( # # ). Bagi anda yang ingin  tahu tentang tanda kres, silakan baca postingan yang berjudul  Menghitung Tanda Kres  ( # ).
Baiklah sekarang kita lihat tangga nada D.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar tangga nada d not balok


Notasi di atas merupakan solmisasi ( do re mi fa sol la si do ) dari nada dasar D. Jika tidak ada tanda kres, maka tidak akan terdengar solmisasi karena ada 2 (dua) not yang tidak tepat, yaitu not F dan C. Oleh sebab itu untuk posisi not F dan C diberi tanda # (kres).

Lihat dalam gambar alat musik piano dan gitar di bawah ini.
Di dalam piano terlihat bahwa not F menjadi F# dan Not C menjadi C#.
Untuk alat musik gitar saya tidak akan membahas tanda  kres, karena saya pernah bahas waktu lalu, tepatnya dalam judul Kunci Melodi G.




Pada alat musik piano nada D dimulai dari oktaf ke-4, dan nada D tinggi berada pada oktaf ke-5. Sementara dalam gitar nada D dimulai dari D yang berwarna merah. Posisi nada itu berdasarkan persamaan frekuensi. 

Lalu apa kegunaan mempelajari tangga nada D ini ?

Saya secara pribadi menghapal posisi tangga nada itu untuk bermain melodi lagu maupun improvisasi melodi. Selain itu saya gunakan juga untuk menciptakan lagu.
Hapal tangga nada menjadi hal penting dalam belajar musik. Oleh karena itu tangga nada menjadi hal yang wajib dikuasai oleh seorang pemusik.

Postingan ini saya tujukan terutama bagi yang baru belajar musik. Jika anda punya kesulitan sehubungan dengan tangga nada, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepat mungkin.
Semoga postingan ini bermanfaat.



updated Juli 2020

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel