Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nada E Membaca not 1/8 dan 1/16

Pada postingan waktu lalu saya pernah  membahas tentang membaca notasi dengan nilai not 1/8 dan 1/16. Kali ini saya akan bahas lagi tapi dengan nada dasar yang berbeda, yakni nada dasar E.
Seperti biasa saya akan membahas notasi itu dengan tempo 60 dan tanda sukat 4/4. Silakan atur metronomnya, bagi anda yang belum punya silakan download di PLAY STORE – pakai ponsel android.
Di bawah ini adalah notasi dengan nilai not 1/8

Klik gambarnya untuk memperbesar. 

gambar notasi balok e not 1/8

Setiap not di atas bernilai 1/8  dan tanda diam (tanda istirahat) juga bernilai 1/8.
Tempo di atas 60, artinya 60 bpm ( beat per minute ) atau 60 ketuk  per menit.  Jadi jika anda membaca notasi di atas, setiap 1/2 detik pindah not, begitu juga dengan tanda diamnya berdurasi 1/2 detik. Supaya lebih jelas, bandingkan dengan video di bagian bawah.
Jika hasilnya sama dengan video itu, artinya anda sudah betul membaca notasi di atas.

Selanjutnya lihat notasi di bawah ini,



gambar notasi balok e not 1/6

Di atas adalah notasi dengan not bernilai 1/16 dengan tanda sukat 4/4 dan tempo 60. Cara bacanya setiap 1/4 detik pindah not. Begitu juga dengan tanda diam ( tanda isttirahat ) berdurasi 1/4 detik. Jika anda sudah bisa membaca notasi di atas, silakan bandingkan dengan video di bawah ini. Jika melodinya sama dengan video itu, artinya anda sudah betul membacanya.
Dalam video ada 2 bagian :
Bagian ke-1 adalah untuk notasi 1/8
Bagian ke-2 adalah untuk notasi 1/16





Jika ada hal yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepat mungkin.
Semoga postingan ini bermanfaat.


updated Juli 2020