Nada E Membaca not Lagu Titanic

Latihan membaca not balok lagu Titanic dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan notasi, video/audio dan backing track sehingga menyenangkan bagi yang belajar musik.


Saya sengaja ambil sebuah lagu yang sangat terkenal yaitu My Heart Will Go On yang merupakan lagu tema film Titanic.  Lihat di bawah ini.




Lagu di atas bertempo 50, tanda sukat 4/4. Bagi anda yang sudah punya metronom digital silakan atur metronomnya. Bagi anda yang belum punya silakan download di PLAY STORE – gunakan ponsel android.

Notasi di atas menggunakan not  1/2, 1/4, 1/8 dan 1/16. Bagi anda yang belum bisa membaca notasi sebaiknya membaca postingan yang berjudul,


Jika anda sudah membaca notasi di atas, dan anda ingin tahu betul atau tidak, bandingkan dengan video di bawah ini.






Jika melodi yang anda mainkan sama dengan video ini, artinya anda sudah betul  dalam membaca notasi di atas. Jika tidak sama, anda bisa pelajari lagi notasi di atas.
Setelah itu coba anda mainkan lagi dengan mengikuti video pengiring (backing track) di bawah ini. Musik video ini  menggunakan intro sebanyak 5 bar. Jadi setelah 5 bar anda baru masuk lagu.





Jika anda sudah betul membacanya, maka akan sama dengan video di bawah ini.




Perlu anda ketahui  bahwa video di atas dibuat pakai musescore (aplikasi gratisan untuk menulis notasi), lalu dibuat MP3 pakai FL studio (aplikasi berbayar), salah satu aplikasi yang biasa digunakan di Home Recording.  Musik di atas masih dalam bentuk mentahan, artinya tidak memakai mixing di FL Studio dan tidak menggunakan mastering untuk MP3.

Semoga anda mengerti.




Belum ada Komentar untuk "Nada E Membaca not Lagu Titanic"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel