Mengenal Scale / Kunci Melodi

Scale atau kunci melodi atau skala adalah susunan nada untuk melodi. Fungsinya bisa untuk melodi lagu atau melodi improvisasi. Scale menjadi pedoman bagi pemain musik ( pemain melodi ).



Scale adalah bahasa Inggris, mungkin dalam disiplin ilmu yang lain scale ini cukup jelas pengertiannya. Tapi dalam seni musik kurang jelas.  Ada beberapa orang yang mengartikan scale ini sebagai skala. Tapi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia skala sama sekali tidak berhubungan dengan musik. Skala adalah alat ukur bukan untuk mengukur  nada  ( musik ).  Mungkin mereka mengartikan scale sebagai skala karena dalam kamus Inggris – Indonesia, kata skala merupakan  arti pertama dari kata scale. Saya tahu itu ketika saya membuka sebuah kamus. Walaupun skala tidak tepat untuk padanan kata scale, tapi bisa jadi nantinya skala menjadi padanan dari kata scale.

Jika kita mengetik kata “scale” di youtube.com maka kita akan menemukan scale-scale musik dan juga hal lain yang berhubungan dengan kata scale yang bukan musik.
Sekarang  saya akan bahas scale yang dimaksud dalam youtube itu. Kalau boleh saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka saya berpendapat bahwa scale yang mereka maksud itu adalah kunci melodi. Saya sebut  kunci melodi karena not-not yang terdapat dalam scale itu adalah not-not yang digunakan sebagai notasi melodi. Baik itu melodi lagu maupun melodi improvisasi.

Scale itu boleh dibilang pedoman untuk bermain melodi. Misalnya kita ingin bermain melodi nuansa Arab, maka kita harus tahu scale Arab.  Begitu juga jika kita ingin bernuansa blues, maka kita harus tahu scale blues. Supaya lebih jelas, kita lihat kedua scale tersebut di bawah ini.

Arabic Scale
C – Db - E – F – G – Ab - B – C
Coba mainkan not di atas dengan konstan, maksudnya setiap not durasinya sama.  Setelah dari atas ke bawah,  lalu dari bawah  ke atas. Maka anda akan mendengar  melodi nuansa Arab.

Selanjutnya coba mainkan dengan cara yang sama untuk notasi di bawah ini
Blues Scale
C – D# - F – F# - G – A# - C .

Kedua scale di atas hanyalah contoh. Sesungguhnya scale arab memiliki beberapa scale, begitu juga dengan blues.

Bagi anda yang belum tahu cara membaca notasi di atas anda bisa dengar  video di bawah ini :




Hal yang paling penting ketika belajar scale adalah kita harus tahu “feel” dari scale itu.  “Feel” inilah yang paling dibutuhkan bagi seorang pemain musik.  Singkatnya anda harus tahu scale dan punya ‘feel’. Maksudnya begini, anda tahu kunci melodi (scale) dan anda tahu “rasa” (feel) dari melodi itu. Sebagai contoh, ada seorang pemain jazz dan tidak bisa bermain melodi rock, lalu diberi scale rock, ketika dia memainkan melodi rock, yang terdengar  bukan nuansa rock, tapi malah seperti jazz.  Ini dikarenakan dia tidak tahu “feel” rock.

Scale sangat berguna bagi pemain musik terutama pemain melodi, arranger dan lainnya. Selain itu bagi pencipta lagu juga sangat berguna. Pasalnya ketika seorang pencipta lagu ingin menciptakan lagu dengan jenis lagu yang di luar kebiasaannya maka pencipta lagu itu harus tahu scale jenis lagu yang akan diciptakan dan tentu saja "feel-nya".

Jika anda ingin tahu tentang scale, silakan buka postingan Kumpulan Scale, jika anda ingin lebih tahu untuk penerapannya pada chords silakan bukan postingan Rekomendasi Scale Untuk Chords.

Semoga postingan ini berguna.



Catatan :
Artikel telah di-update pada 9 Mei 2019


Belum ada Komentar untuk "Mengenal Scale / Kunci Melodi"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel