Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggunaan Blues Scale

Postingan ini membahas tentang blues scale, disertai notasi scale dan contoh improvisasi blues dalam notasi. Juga ada video / audio untuk notasi tersebut sehingga lebih mudah untuk dimengerti.

Sekarang saya akan membahas tentang blues scale atau dalam bahasa sederhananya saya sebut kunci melodi blues. Bagi anda yang ingin bisa memainkan melodi blues, hapalkan terlebih dahulu scale blues standard di bawah ini.

Major Blues Scale C – D – D# - E – G – A - C

Minor Blues Scale C – D# - F – F# - G – Bb – C

Setelah anda hapal scale blues di atas, langkah selanjutnya anda harus sering; mendengar lagu blues atau melodi blues, kemudian coba tiru melodi itu. Setelah anda bisa memainkan beberapa lagu blues / melodi blues maka anda akan memiliki ‘feel’ sedikit. Ini adalah modal untuk berlatih berikutnya. Semakin anda banyak berlatih maka semakin bagus ‘feel’ anda.

Baiklah sekarang saya akan coba scale minor blues di atas berdasarkan ‘feel’ saya. Yang penting melodinya jangan keluar dari not-not di atas.

Contoh scale dan penggunaannya ada di dalam video.



Notasi di atas hanya contoh saja. Mungkin setiap orang akan berbeda memainkan melodi blues karena setiap orang memiliki ‘feel’ yang berbeda. Dulu saya pernah dengar melodi blues itu cenderung bernuansa sedih tapi sekarang tidak sedih. Bahkan sekarang melodi blues seperti rock. Mungkin menjadi blues rock.

Perlu diketahui, bahwa masih ada blues scale yang lain. Jadi anda tidak harus menggunakan scale di atas secara baku. Anda bisa menambahkan not-not baru. Yang penting rasanya harus blues. Dengan kata lain anda jangan kaku dalam menggunakan scale. Anda bisa saja menciptakan scale baru yang bernuansa blues.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Penggunaan Blues Scale"