Ritem Musik Bossa Nova

Ritem musik bossa nova yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar dan audio sehingga lebih mudah untuk di mengerti.

Sebelumnya,  saya akan bahas sedikit tentang kata bossa nova. Menurut yang saya baca bahwa bossa nova adalah 2 kata yang berasal dari bahasa Portugis, bossa dan nova, artinya trend baru. Jadi penulisan kata bossa nova harusnya dipisah tapi di Indonesia seringkali disatukan.

Baiklah sekarang saya akan bahas ritem bossa nova. Didalam ritem bossa nova  ada  yang konstan ( tetap ) dan ada yang tidak konstan ( berubah-ubah ). Yang akan saya bahas adalah yang konstan, supaya mudah dalam memainkannya dan mudah dalam penulisannya.
Di bawah ini beberapa contoh ritem bossa nova yang cukup terkenal dan dasar.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar notasi ritem bossa nova


Perhatikan variasi 1, 2 dan 3, ketiganya cocok untuk alat musik keyboards.
Sementara untuk variasi 4, 5 dan 6 bisa digunakan untuk alat musik gitar.
Cara memainkan variasi 4 adalah menggunakan jari manis untuk  senar 1,   jari tengah untuk senar 2 dan jari telunjuk untuk senar 3.  Bunyikan ketiga senar itu dengan cara bersamaan. Not yang tunggal itu untuk basnya.

Berikutnya variasi 5, untuk variasi 5 cara memainkannya sama dengan variasi 4 yaitu menggunakan tiga jari secara bersamaan, basnya ada di bawahnya, yang notnya bernilai 1/2 atau 2 ketuk.  Variasi 5 itu boleh dibilang variasi yang sering dipakai pada waktu lalu.

Berikutnya  variasi 6, untuk variasi 6 ini cara memainkannya persis sama dengan variasi 5. Bedanya variasi 6 ini agak sulit sedikit. Tapi bagi anda yang biasa main ritem dengan tiga jari bersamaan tentu saja bukan hal yang sulit.

Selanjutnya silakan dengar  video (suara ritem di atas) di bawah ini,





Saya menggunakan tempo 140 untuk ritem di atas. Bila anda akan menggunakan ritem di atas, sesuaikan ritem dan temponya dengan lagu yang akan dimainkan.

Sebenarnya ritem bossa nova itu cukup banyak, tapi saya hanya menampilkan beberapa saja. Perlu diketahui bahwa bossa nova adalah keluarga dari musik jazz. Biasanya bossa nova disebut jazz latin.
Penggunaan chord dalam musik bossa nova tidak sama dengan chord umum untuk alat musik gitar. Jika anda belum tahu, silakan buka youtube.
Bagi anda yang ingin belajar chord musik ini, silakan bertanya di kotak komentar. Saya akan jawab pertanyaan anda secepatnya.
Semoga postingan ini bermanfaat.


NB:
Baca juga Ritem Musik Reggae dan Ritem Musik Rock and Roll

updated Agustus 2020



Postingan di bawah ini hanya untuk memperbaiki masalag crawl di google search console. Menurut teman blogger katanya harus update jika ingin selesai masalahnya.

Bossa nova adalah gaya musik Brasil, yang dikembangkan dan dipopulerkan pada 1950-an dan 1960-an dan saat ini merupakan salah satu gaya musik Brasil paling terkenal. Ungkapan bossa nova secara harfiah berarti "tren baru" atau "gelombang baru". Sebuah perpaduan liris antara samba dan jazz, bossa nova memperoleh banyak pengikut di tahun 1960-an, awalnya di kalangan musisi muda dan mahasiswa.

Ini termasuk sejarah bossa nova.

Di Brazil, kata "bossa" adalah bahasa gaul kuno untuk sesuatu yang dilakukan dengan pesona tertentu, bakat alami atau kemampuan bawaan. Pada awal 1932, Noel Rosa menggunakan kata itu dalam samba:

Asal mula yang tepat dari istilah "bossa nova" tetap tidak jelas selama beberapa dekade, menurut beberapa penulis. Dalam budaya pantai artistik akhir 1950-an di Rio de Janeiro, istilah "bossa" digunakan untuk merujuk pada "tren" atau "gelombang modis" baru. Dalam bukunya Bossa Nova, penulis Brasil Ruy Castro menegaskan bahwa "bossa" sudah digunakan pada tahun 1950-an oleh musisi sebagai kata untuk menandai ketrampilan seseorang untuk bermain atau bernyanyi secara istimewa.

postingan ini diambil dari blog luar negeri diterjemahkan oleh google.

Castro mengklaim bahwa istilah "bossa nova" mungkin pertama kali digunakan di depan umum untuk konser yang diberikan pada tahun 1957 oleh Grupo Universitário Hebraico do Brasil (Kelompok Universitas Ibrani Brasil). Penulisan istilah "bossa nova" dikaitkan dengan jurnalis muda yang saat itu Moyses Fuks, yang mempromosikan acara tersebut.  Kelompok itu terdiri dari Sylvia Telles, Carlos Lyra, Nara Leão, Luiz Eça, Roberto Menescal, dan lainnya. Deskripsi Mr. Fuks, didukung penuh oleh sebagian besar anggota bossa nova, cukup baca "HOJE. SYLVIA MENGATAKAN E UN GRUPO BOSSA NOVA" ("Hari ini. Sylvia Telles dan kelompok 'Bossa Nova'"), karena Sylvia Telles adalah yang paling musisi terkenal di grup saat itu. Pada tahun 1959, Nara Leão juga berpartisipasi dalam lebih dari satu tampilan embrio bossa nova. Ini termasuk Sesi Festival de Samba ke-1, yang dilakukan oleh persatuan pelajar Pontifícia Universidade Católica. Sesi ini diketuai oleh Carlos Diegues (kemudian sutradara film Cinema Novo terkemuka).

Postingan ini bisa dijadikan referensi atau untuk menambah wawasan tentang bossa nova.

Belum ada Komentar untuk "Ritem Musik Bossa Nova"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel