Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ritem Musik Reggae

Ritem musik reggae atau genjrengan musik reggae yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar dan audio / video sehingga lebih mudah dimengerti.

Musik Reggae memiliki ritem yang khas yakni dibunyikan setelah ketukan masuk. Lihat gambar notasi ritem reggae di bawah ini.


gambar notasi reggae untuk ritem gitar atau piano


Pada variasi 1 (bar ke-1 sampai dengan bar ke-4) adalah ritem reggae yang paling sering dipakai atau digunakan.

Pada variasi 2 (bar ke-5 sampai bar ke-8) adalah ritem reggae yang hampir sama dengan variasi 1, bedanya ada pada nilai not- nya, ( durasinya lebih sebentar ), paling sering digunakan.

Pada variasi 3 (bar ke-9 sampai bar ke-12) adalah ritem reggae yang jarang digunakan.

Pada variasi 4 (bar ke-13 sampai bar ke-16) adalah ritem reggae yang sangat jarang digunakan.

cocok untuk alat musik keyboard dan gitar.

Yang akan dibahas adalah variasi 1 ( bar ke-1 sampai ke-4 ).

Kita gunakan kaki sebagai alat bantu. Injakkan kaki ke lantai lalu angkat.

Saat kaki menginjak lantai jangan dibunyikan ritemnya, saat kaki berada di atas bunyikan ritemnya. Itulah dasar dari musik reggae.

Jika lagu itu bertempo 60, maka setelah 1/2 detik (kaki di atas) dibunyikan, durasi notnya 1/2 detik. Lalu diam 1/2 detik, lalu bunyikan lagi. Intinya setiap kaki posisi di atas alat musik dibunyikan.

Bagi anda yang menggunakan metronom, biarkan dulu ketukan masuk, 1/2 detik kemudian alat musik dibunyikan, begitu seterusnya.


Selanjutnya cara memainkannya dalam alat musik gitar.

Sebelum mempraktekkannya, ada yang perlu diperhatikan yaitu akor. Dalam ritem reggae jangan menggunakan akor yang senarnya dilepas. Karena jika menggunakan akor yang senarnya dilepas, maka suaranya kurang enak didengar.

Mulai, tekan akor C bunyikan 3 senar atau 4 senar (bagian bawah) bersamaan. cepat angkat jari-jari yang memegang akor itu tapi jangan sampai senarnya dilepas. Ini untuk memberi efek ritemnya. Nantinya akan terdengar seperti ritem reggae yang biasa anda dengar. Jika tangan yang memegang akor tidak diangkat setelah senar dibunyikan maka suaranya tidak akan enak,

Cara ritemnya (genjrengannya) bisa dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas. Tapi yang paling bagus ritemnya adalah menggunakan jari. Senar 1 pakai jari manis, senar 2 pakai jari tengah dan senar 3 pakai jari telunjuk. Ketiga jari itu digerakkan bersamaan. Cara ini akan menghasilkan suara yang lebih jernih dibandingkan dengan menggunakan cara yang lain.

Asal tahu saja bahwa notasi di atas hanya beberapa contoh ritem reggae. Pada kenyataannya ritem reggae memiliki beberapa variasi, terutama yang menggunakan alat musik gitar, misalnya ada yang senarnya ditekan dan ada juga yang senarnya setengah ditekan.

Notasi di atas kalau dimainkan akan terdengar sepeti video di bawah ini.

Dalam video saya tambahkan beat drum.



Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ritem Musik Reggae"