Ritem Musik Reggae

Ritem musik reggae atau genjrengan musik reggae yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar dan audio / video sehingga lebih mudah dimengerti.

Musik Reggae memiliki ritem yang khas yakni dibunyikan setelah ketukan masuk. Lihat gambar notasi ritem reggae di bawah ini.


gambar notasi ritem reggae


Pada variasi 1 (bar ke-1 sampai dengan bar ke-4)  adalah ritem reggae yang paling sering dipakai atau digunakan.
Pada variasi 2 (bar ke-5 sampai bar ke-8) adalah ritem reggae yang hampir sama dengan variasi 1, bedanya ada pada nilai not- nya, ( durasinya lebih sebentar ), paling sering digunakan.
Pada variasi 3 (bar ke-9  sampai bar ke-12) adalah ritem reggae yang jarang digunakan.
Pada variasi 4 (bar ke-13  sampai bar ke-16) adalah ritem reggae yang  sangat jarang  digunakan.

cocok untuk alat musik keyboard dan gitar.

Yang akan dibahas  adalah variasi 1 ( bar ke-1 sampai ke-4 ).
Kita gunakan kaki sebagai alat bantu. Injakkan kaki ke lantai lalu angkat.
Saat kaki menginjak lantai  jangan dibunyikan ritemnya, saat kaki berada di atas  bunyikan ritemnya. Itulah dasar dari musik reggae.
Jika lagu itu bertempo 60, maka setelah 1/2  detik (kaki di atas) dibunyikan, durasi notnya 1/2 detik. Lalu diam 1/2  detik, lalu bunyikan lagi. Intinya setiap kaki posisi di atas alat musik dibunyikan.
Bagi anda yang menggunakan metronom, biarkan dulu ketukan masuk, 1/2 detik kemudian alat musik dibunyikan. Begitu seterusnya.

Selanjutnya cara memainkannya dalam alat musik gitar.
Sebelum mempraktekkannya, ada yang perlu diperhatikan yaitu akor.  Dalam ritem reggae jangan menggunakan akor yang senarnya dilepas. Karena jika menggunakan akor yang senarnya dilepas, maka suaranya kurang enak didengar.
Mulai, tekan akor C bunyikan 3 senar atau 4 senar (bagian bawah) bersamaan.  cepat angkat jari-jari yang memegang akor itu tapi jangan sampai senarnya dilepas. Ini untuk memberi efek ritemnya. Nantinya akan terdengar seperti ritem reggae yang  biasa anda dengar. Jika tangan yang memegang akor tidak diangkat setelah senar dibunyikan maka suaranya tidak akan enak,

Cara ritemnya (genjrengannya) bisa dari  atas ke bawah atau dari bawah ke atas. Tapi yang paling bagus ritemnya adalah menggunakan jari. Senar 1 pakai jari manis, senar 2 pakai jari tengah dan senar 3 pakai jari telunjuk. Ketiga jari itu digerakkan bersamaan. Cara ini akan menghasilkan suara yang lebih jernih dibandingkan dengan menggunakan cara yang lain.

Asal tahu saja bahwa notasi di atas hanya beberapa contoh ritem reggae.  Pada kenyataannya ritem reggae memiliki beberapa variasi, terutama yang menggunakan alat musik gitar, misalnya ada yang senarnya ditekan dan ada juga yang senarnya  setengah ditekan.

Notasi di atas kalau dimainkan akan terdengar sepeti video di bawah ini.
Dalam video saya tambahkan beat drum.





Semoga  postingan ini bermanfaat.


NB:
updated Agustus 2020


Postingan di bawah ini hanya untuk memperbaiki masalah crawling di google search console. Semoga dengan cara update blog bisa berhasil.

Ketika Bob Marley membawa suara reggae Jamaika ke AS di awal tahun tujuh puluhan, ia menciptakan revolusi musik.

Dua rilis Island Records pertamanya, Catch a Fire and Burnin '(keduanya dikeluarkan pada tahun 1973), termasuk hit "Stir it Up," "Get Up, Stand Up" dan mega-smash "I Shot the Sheriff," yang ketika dicakup pada tahun 1974 oleh Eric Clapton membantu melontarkan Marley ke pengakuan internasional.

Bob Marley adalah tokoh penting dalam musik reggae.

Menyusul Natty Dread tahun 1974 (termasuk “No Woman, No Cry”), Getaran Rastaman tahun 1976 dan Exodus tahun 1977 (menampilkan “One Love”), Marley dengan mantap ditetapkan sebagai salah satu bintang pop terbesar di dunia. In Deep edisi ini membahas dasar-dasar gaya gitar reggae serta teknik khusus yang digunakan pada beberapa lagu Marley yang paling dicintai.

Dengan gaya yang mirip dengan funk, reggae dibangun dari "potongan puzzle" musik yang berbeda yang disediakan oleh banyak gitar, bass, keyboard, drum, perkusi dan vokal. Elemen-elemen ini secara tepat cocok bersama dalam pengaturan musik. Dalam hal kerja gitar, satu gitar sering memainkan bagian ritme "gatal" —seperti instrumen perkusi, seperti papan cuci, snare drum, atau maracas — sementara gitar lain menyediakan garis melodi nada tunggal yang mirip dengan berbeda dari garis bass.

Berbeda sekali dengan banyak gaya musik, dalam reggae bass sering memberikan konten melodi sementara gitar meletakkan kotak ritmik yang kuat di bawahnya.

postingan ini berasal dari blog luar negeri dan diterjemahkan oleh google.

Mari kita mulai dengan bagian ritme gaya reggae yang sangat mendasar (lihat GAMBAR 1). Di sini, peran perkusi instrumen dibuat menonjol oleh aksen aksen “dead-string” yang diredam, diselingi dengan akord Bm yang disuarakan pada empat senar teratas. Pola strumming adalah nada ke-16 yang mantap — hitung “ONE-ee-and-a, TWO-ee-and-a,” dll. —Dan aksen akord ditempatkan pada nada ke-delapan upbeat dari setiap ketukan. Selain itu, saya melepaskan tekanan jari fret di antara aksen akord agar terdengar se-staccato (pendek dan tajam).

Saya tidak membaca semua postingan luar negeri ini, postingan ini bisa dijadikan referensi atau untuk menambah wawasan musik  bagi anda pecinta reggae.

Belum ada Komentar untuk "Ritem Musik Reggae"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel