Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baca Not 1/2 dan 1/4 nada F

Cara membaca not balok not 1/2 dan not 1/4 nada F yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar sehingga mudah dimengerti.

Langsung saja lihat di bawah ini contoh nilai not 1/2 nada dasar F dengan tanda sukat 2/4.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar notasi 1/2 nada f pada not balok


Notasi di atas setiap bar berisi 1 not dengan nilai not 1/2. Pada tempo 120 = 120 bpm ( beat per minute ) artinya dalam 1 menit ada 120 beat ( ketuk ). Pada tanda sukat 2/4 dalam 1 bar memiliki 2 ketuk ( beat ). Jika kita hitung secara matematika maka tempo 120 sama dengan 1/2 detik pada setiap ketuk. Notasi di atas setiap bar bernilai 2 ketuk, berarti setiap not di atas durasinya 1 detik. Jadi cara memainkannya setiap detik not pindah. Selanjutnya saya akan bahas not 1/4, lihat di bawah ini,


gambar notasi 1/4 nada f pada not balok


Notasi di atas setiap bar memiliki 2 not, masing-masing not bernilai 1/4. Karena temponya 120 maka durasi dari setiap not adalah 1/2 detik. Tanda diam ( tanda istirahat ) juga bernilai 1/4 atau berdurasi 1/2 detik. Jadi cara memainkannya cukup mudah yaitu setiap 1/2 detik pindah not.

Bagi anda yang belum bisa membaca notasi di atas, sebaiknya anda baca terlebih dahulu postingan sebagai berikut : Kunci Melodi F, Tempo, Tanda sukat 2/4, Nilai Not dan Tanda Diam, Cara Membaca Not Balok semuanya ada dalam label teori musik, di samping kiri halaman ini.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Baca Not 1/2 dan 1/4 nada F"