Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tangga Nada F ( Not Angka )

Tangga nada F atau scale F major atau kunci melodi F notasi angka yang dibahas kali ini. Pembahasan disertai gambar keyboard dan gitar sebagai penunjang, sehingga lebih mudah dimengerti.

Notasi angka adalah notasi yang paling digemari di Indonesia. Oleh sebab itu di sekolah-sekolah lebih banyak menggunakan not angka daripada not balok. Pada postingan ini yang akan saya bahas adalah kunci melodi atau solmisasinya atau lebih dikenal dengan tangga nada.

Dalam penulisan notasi angka, nada dasar tidak mempengaruhi notasi lagu. Artinya jika sebuah lagu menggunakan nada dasar F kemudian diubah menjadi nada dasar C maka notasinya tetap. Bagian yang berubah hanya keterangan di atas lagu, misalnya Do = F atau Do = C. Notasi itu akan berubah jika diterapkan pada alat musik, akan berubah tempatnya.

Tangga nada F ini sangat penting untuk bermain musik. Misalkan anda mengiringi seorang penyanyi dengan nada dasar G, kemudian terdengar agak ketinggian suaranya. Anda bisa turunkan nada dasarnya 1 nada menjadi F. Lebih penting lagi bahwa tangga nada ini bisa digunakan untuk menulis lagu, memainkan melodi lagu dan membuat improvisasi melodi. Singkatnya tangga nada ini menjadi dasar dalam bermain musik.

Di bawah ini adalah kunci melodi / tangga nada F pada alat musik keyboard dan gitar.


gambar piano dan gitar tangga nada f pada not angka


Dalam teori musik not Do itu memiliki 2 nada yaitu major dan minor. Misalnya pada sebuah lagu ada tulisan Do = B, lagu itu belum tentu dimulai dari B, bisa saja dimulai dari minor. Untuk nada dasar F minornya adalah Dm. Cara menentukan minor adalah nada major dikurangi 1 1/2 nada. Sebagai contoh jika ingin tahu minor dari nada C, tinggal kurangi 1 1/2 nada C itu hasilnya A tambahkan minor. Jadi minor dari nada C adalah nada Am.

Lihat not Do di bawah ( keyboard ), posisinya berada pada tuts F, artinya notasi itu bernada dasar F. Dengan kata lain bahwa not Do itu bisa dijadikan sebagai petunjuk untuk mengetahui nada dasar.

Jika ada yang kurang jelas silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepat mungkin.

Semoga postingan ini bermanfaat.