Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggunaan Arabic Scale ( Scale Arab )

Penggunaan Arabic Scale ( Scale Arab ) dibahas di sini, dilengkapi contoh notasi dan video / audio, sehingga mudah dimengerti.

Scale atau tangga nada arabic memiliki rasa yang berbeda dengan scale musik lain. Secara musik arabic scale termasuk sederhana, ada 2 not yang diberi tanda kres. Lebih jelasnya lihat di bawah ini.

Arabic scale : C – C# - E – F – G – G# - C ( nada dasar C major ).

Lalu bagaimana kita memainkan scale di atas?

Caranya, sama dengan scale jenis musik yang lain, yaitu harus menggunakan not-not dari scale yang bersangkutan sebagai pedoman. Maksudnya jangan menyimpang dari not-not di atas kemudian harus menggunakan "feel" arabic. Untuk memperoleh ‘feel’ yang bagus, sebaiknya sering-sering mendengar lagu-lagu Arabic ber-scale seperti di atas.

Dalam video, ada contoh penggunaan arabic scale yang saya buat dengan ‘feel’ saya sendiri.



Seperti yang pernah saya katakan bahwa setiap orang memiliki ‘feel’ tersendiri (masing-masing). Mungkin bagi anda yang baru belajar akan kesulitan membuat improvisasi melodi Arabic, tapi jangan khawatir dengan anda tahu scalenya, anda akan lebih mudah membuat melodi Arabic.

Selain untuk musik yang bernuansa Arabic, scale ini bisa dikombinasikan dengan musik rock misalnya. Bisa juga digunakan untuk variasi melodi jazz dan lainnya. Pada dasarnya setiap scale bisa disisipkan pada genre musik lain selama alat musiknya menunjang dan melodinya bisa harmoni.

Arabic scale memiliki beberapa jenis scale yang dikenal dengan Arabic Maqam. Sebut saja maqam rast, saba, bayati, dan lainnya. Maqam Saba dalam video dari web/blog lain.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Penggunaan Arabic Scale ( Scale Arab )"