Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membaca Not Drum

Cara membaca not drum atau cara membaca not balok drum dibahas kali ini, disertai dengan notasi (sederhana) dan video / audio untuk mendengar suara notasi tersebut, sehingga mudah dimengerti.

Pada postingan yang lain saya sudah menuliskan bahwa cara membaca notasi drum sama dengan membaca notasi alat musik lain. Perbedaannya hanya pada tempat dan bentuk notasinya. Mengenai aturannya secara garis besar sama persis. Andaikata sudah tahu cara membaca not balok clef treble, pasti akan mudah membaca notasi drum.

Ada 3 hal yang perlu diketahui. Tempo Musik, Nilai Not dan Tanda Diam.

Tempo umumnya ditulis pakai angka , misalnya 60. Artinya lagu itu 60 BPM (Beat Per Minute) atau 60 ketukan dalam 1 menit. Jika temponya 70, artinya dalam 1 menit ada 70 ketuk.

Tempo menjadi hal yang sangat penting bagi drummer ( pemain drum ), oleh sebab itu seorang pemain drum wajib tahu tentang tempo. Intinya jika anda ingin menjadi drummer yang handal maka anda harus mengerti tempo.

Nilai not adalah durasi not, artinya berapa lama not itu dibunyikan

Tanda diam atau tanda istirahat adalah kebalikan dari nilai not. Artinya berapa lama alat musik tidak dibunyikan.

Bagi yang belum mengerti 3 poin di atas, silakan baca judul postingan Tempo Musik dan Nilai Not dan Tanda Diam yang berada dalam label teori musik di samping kiri halaman ini. Baiklah kita lihat contoh drum di bawah ini

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar notasi drum pada not balok


Perhatikan temponya yaitu 120, tanda sukat 4/4 artinya setiap bar ada 4 ketuk. Kita baca satu per satu.

Pada bar ke-1 sampai ke-3 ketukan drum sama.

Simbol x = hi-hat closed, pada setiap bar ada 4 buah, setiap bar itu berdurasi 2 detik karena temponya 120 dan tada sukatnya 4/4. Jadi setiap hi-hat berdurasi 2 detik bagi 4 = 1/2 detik. cara mainnya, tinggal bunyikan setiap 1/2 detik.

Di bawahnya ( spasi ketiga garis paranada ) adalah simbol dari snare drum, setiap ketukan kedua dan keempat dibunyikan. Cara memainkannya setelah 1/2 detik (1 ketuk) snare dibunyikan, lalu tunggu 1/2 detik (1 ketuk) lalu bunyikan lagi. Untuk bar-bar berikutnya lakukan hal yang sama.

Di bawah snare ada simbol bas drum ( spasi ke-1 garis paranada ), setiap ketukan kesatu dan ketiga dibunyikan. Cara memainkannya bunyikan bas drum lalu tunggu 1/2 detik (1 ketuk), lalu bunyikan lagi dan tunggu lagi 1/2 detik (1 ketuk). Untuk bar-bar berikutnya lakukan seperti itu.

Semua notasi bar ke-1 sampai ke-3 menggunakan not bernilai 1/4 , begitu juga dengan tanda diam / tanda istirahat.


Selanjutnya notasi pada bar ke-4 dan ke-5.

Bagian atas ada tanda x = hi-hat closed berjumlah 8 setiap barnya. Artinya dalam 2 detik harus membunyikan hi-hat sebanyak 8 kali dengan durasi yang sama. Secara matematikanya 2 detik dibagi 8 = 1/4 detik. Jadi setiap 1/4 detik hi-hat dibunyikan.

Di bawahnya ada tanda x posisi snare drum, itu adalah side kick ( pukulan stik pada kerangka snare drum). Umumnya dipakai pada musik bossa nova dan reggae. Cara memainkannya untuk bar ke-4, Tunggu 1/2 detik ( 1 ketuk ) lalu bunyikan, kemudian diam selama 3/4 detik lalu bunyikan lagi . Untuk bar ke-5, bunyikan lalu diam 3/4 detik kemudian bunyikan lagi, diam 3/4 detik, bunyikan lagi.

Agar mengerti notasi di atas, silakan klik video di bawah ini.



Supaya anda makin mengerti tentang ketukan drum, silakan klik postingan di bawah ini, di dalam postingan itu disertai contoh ketukan drum ( notasi ).

Drum Musik Bossa Nova

Drum Musik Hard Rock

Drum Musik Blues

Drum Musik Country


Semoga postingan ini bermanfaat.