Cara Membaca Not Drum

Cara membaca not drum atau cara membaca not balok drum dibahas kali ini, disertai dengan notasi (sederhana) dan video / audio untuk mendengar suara notasi tersebut, sehingga mudah dimengerti.

Pada postingan yang lain saya sudah menuliskan  bahwa cara membaca notasi drum sama dengan membaca notasi  alat musik lain. Perbedaannya hanya pada tempat dan bentuk notasinya. Mengenai aturannya  secara garis besar  sama persis. Andaikata sudah tahu cara membaca not balok clef treble, pasti akan mudah membaca notasi drum.

Di sini saya akan bahas lebih detail supaya yang baru membuka postingan ini bisa memperoleh gambaran. Ada 3 hal yang perlu diketahui. Tempo Musik, Nilai Not dan Tanda Diam.

Tempo umumnya ditulis pakai angka , misalnya 60. Artinya lagu itu 60 BPM (Beat Per Minute) atau 60 ketukan dalam 1 menit. Jika temponya 70, artinya dalam 1 menit ada 70 ketuk.
Tempo menjadi hal yang sangat penting bagi drummer ( pemain drum ), oleh sebab itu seorang pemain drum wajib tahu tentang tempo. Intinya jika anda ingin menjadi drummer yang handal maka anda harus mengerti tempo. 


Nilai not lihat di bawah ini.


Pada Bar ke-1 bernilai 4 ketuk disebut not penuh
Pada Bar ke-2 bernilai 2 ketuk disebut not 1/2
Pada Bar ke-3 bernilai 1 ketuk disebut not 1/4
Pada Bar ke-4 bernilai 1/2 ketuk disebut not 1/8
Pada Bar ke-5 bernilai 1/4 ketuk disebut not 1/16
Pada Bar ke-6 bernilai 1/8 ketuk disebut not 1/32
Pada Bar ke-7 bernilai 1/16 ketuk disebut not 1/64
Pada Bar ke-8 bernilai 1/32 ketuk disebut not 1/128

Saya mengambil nilai not dari not balok alat musik lain, pada dasarnya nilai not ini sama meski alat musiknya berbeda. Bulatan dan benderanya yang harus diperhatikan (berpengaruh).

Tanda istirahat atau tanda diam di bawah ini.



Pada Bar ke-1 adalah  tanda diam yang memiliki durasi sama dengan not penuh

Pada Bar ke-2 adalah tanda diam yang memiliki durasi sama dengan  not 1/2
Pada Bar ke-3 adalah tanda diam yang memiliki durasi sama dengan not 1/4
Pada Bar ke-4 adalah tanda diam yang memiliki durasi sama dengan  not 1/8
Pada Bar ke-5 adalah tanda diam yang memiliki durasi sama dengan not 1/16
Pada Bar ke-6 adalah tanda diam yang memiliki durasi sama dengan not 1/32
Pada Bar ke-7 adalah tanda diam yang memiliki durasi sama dengan not 1/64
Pada Bar ke-8 adalah tanda diam yang memiliki durasi sama dengan not 1/128

Jika sebuah lagu temponya 60 dan tanda sukat 4/4, maka not penuh itu akan berdurasi 4 detik, not 1/2 berdurasi 2 detik, not berikutnya tinggal dibagi 2 dari durasi di atasnya. Contoh Not 1/4 durasinya 1 detik, not 1/8 durasinya 1/2 detik dan seterusnya.

Jika sebuah lagu temponya 120 dan tanda sukatnya 4/4, maka not penuh itu akan berdurasi  2 detik, lalu not 1/2 akan berdurasi 1 detik dan seterusnya.

Baiklah kita lihat contoh drum di bawah ini



Perhatikan temponya yaitu 120, tanda sukat 4/4 artinya setiap bar ada 4 ketuk. Kita baca satu per satu.

Pada bar ke-1 sampai ke-3 ketukan drum sama.
Simbol x = hi-hat closed, pada setiap bar ada 4 buah, setiap bar itu berdurasi 2 detik karena temponya 120 dan tada sukatnya 4/4.  Jadi setiap hi-hat berdurasi 2 detik bagi 4 = 1/2 detik.  cara mainnya, tinggal bunyikan setiap 1/2 detik.
Di bawahnya adalah simbol dari snare drum, setiap ketukan kedua dan keempat dibunyikan. Cara memainkannya setelah 1/2 detik (1 ketuk) snare dibunyikan, lalu tunggu 1/2 detik (1 ketuk) lalu bunyikan  lagi. Untuk bar-bar berikutnya lakukan hal yang sama.
Di bawah snare ada simbol bas drum, setiap ketukan kesatu dan ketiga dibunyikan. Cara memainkannya bunyikan bas drum lalu tunggu 1/2 detik (1ketuk), lalu bunyikan lagi dan tunggu lagi 1/2  detik (1 ketuk). Untuk bar-bar  berikutnya lakukan seperti  itu.
Semua notasi bar ke-1 sampai ke-3  menggunakan not bernilai 1/4 , begitu juga dengan tanda diam /  tanda istirahat.

Selanjutnya notasi pada bar ke-4 dan ke-5.
Bagian atas ada tanda x = hi-hat closed berjumlah 8 setiap barnya. Artinya dalam 2 detik harus membunyikan hi-hat sebanyak 8 kali dengan durasi yang sama. Secara matematikanya 2 detik dibagi 8 = 1/4 detik. Jadi setiap 1/4 detik hi-hat dibunyikan.

Di bawahnya ada tanda x posisi snare drum, itu adalah side kick ( pukulan stik pada kerangka snare drum). Umumnya dipakai pada musik bossa nova dan reggae. Cara memainkannya untuk bar  ke-4, Tunggu 1/2  detik ( 1 ketuk ) lalu bunyikan, kemudian diam selama 3/4 detik lalu bunyikan lagi . Untuk bar ke-5, bunyikan lalu diam 3/4 detik kemudian bunyikan lagi, diam 3/4 detik, bunyikan lagi.

Selanjutnya kita dengar notasi di atas, silakan klik video di bawah ini.



Untuk belajar drum sebaiknya gunakan metronom.

Supaya anda makin mengerti tentang ketukan drum, silakan klik postingan di bawah ini, di dalam postingan itu  disertai contoh  ketukan drum ( notasi ).

Drum Musik Bossa Nova

Drum Musik Hard Rock

Drum Musik Blues

Drum Musik Country

Drum Musik Disco

Drum Musik Reggae

Drum Musik Rock And Roll

Drum Musik Swing

Semoga anda mengerti

Belum ada Komentar untuk "Cara Membaca Not Drum"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel