Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membaca Not Angka Lagu Syukur (Nada C)

Cara membaca not angka sebuah lagu yang akan dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan notasi dan video / audio sehingga lebih mudah dimengerti.

Sebenarnya saya sudah bahas tentang ini tapi sepintas. Sekarang saya akan bahas lagi lebih lengkap, karena banyak pengunjung yang menyukai not angka.

Baiklah kita lihat lagu syukur di bawah ini.



Klik gambar untuk memperbesar .

Notasi di atas saya ambil dari sebuah website lalu saya edit. Saya tidak tahu notasi aslinya, jadi notasi di atas belum tentu betul. Tidak perlu dipermasalahkan.

Lagu di atas belum ada temponya, gunakan tempo 60 supaya mudah dimainkan. Tempo 60 artinya 60 BPM ( beat per minute ), jadi dalam 1 menit ada 60 ketuk. Lagu di atas memiliki birama 4/4, artinya dalam 1 bar ada 4 ketuk atau 4 detik. Untuk nada dasar pakai nada C.

Sebaiknya gunakan metronom untuk membaca notasi di atas, jika anda belum punya metronom, silakan download di Play store pakai ponsel android – gratis.

Jika anda belum punya metronom, gunakan jarum panjang jam dinding (jarum detik).

Perhatikan notasi di atas.

Pada bar ke-1, di bawah angka 6 (nada la) ada titik artinya nada rendah. Nada la itu memiliki nilai 1 ketuk atau 1 detik, di depannya ada tanda titik yang atasnya bergaris, artinya tanda titik itu bernilai 1/2 ketuk atau 1/2 detik. Jika tidak ada tanda garis di atas, maka titik itu bernilai 1 ketuk. Tanda titik di depan not artinya titik itu menjadi bagian (nilai not/durasi) dari not sebelumnya. Jadi not 6 (la) pertama itu bernilai 1 ½ ketuk atau 1 ½ detik.

Setelah itu ada tanda 6 yang atasnya bergaris, artinya nada la itu bernilai ½ ketuk atau ½ detik. selanjutnya ada angka 6 dan 6 artinya masing-masing bernilai 1 ketuk atau 1 detik. Semua angka 6 itu bernada rendah karena semuanya memiliki tanda titik di bawahnya.

Pada bar ke-4, angka 7 ( nada si ) bernilai 1 ketuk atau 1 detik, di bawahnya ada titik artinya nada rendah. Selanjutnya ada angka 2 dan 1 ada garis di atasnya, artinya kedua not itu masing-masing bernilai 1/2 ketuk atau 1/2 detik. Di bawah kedua not itu ada tanda garis melengkung, itu tanda slur atau legato artinya dari nada re ke nada do jangan terputus.

Selanjutnya ada angka 7 ( nada si ) rendah, lalu ada tanda titik di depan angka 7 itu. Artinya angka 7 ( nada si ) itu bernilai 2 ketuk atau 2 detik.

Pada bar ke-7 ada kata “tanah air”, perhatikan angka 765 di atasnya ada tanda garis. Itu adalah tanda triplet, artinya 1 dibagi 3. Dengan kata lain 1 ketuk dibagi 3 not. Jika anda ingin tahu tentang triplet silakan baca postingan yang berjudul Tuplet Musik / Pembagi Not

Pada bar ke-14 (terakhir) ada tanda 0 artinya tanda istirahat.

Saya tidak membahas semua bar karena bar-bar yang saya bahas sudah mewakili semua bar. Sebaiknya anda membaca juga postingan yang lain tentang not angka agar anda makin mengerti.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Membaca Not Angka Lagu Syukur (Nada C)"