Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Not Angka Ke Not Balok Nada Bb

Menterjemahkan not angka ke not balok nada Bb atau cara translate not angka menjadi not balok dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar sehingga lebih mudah dimengerti.

Saya ambil lagu yang sama dengan lagu pada postingan yang lain yaitu lagu Syukur – Ciptaan H. Mutahar. Saya sengaja mengambil lagu itu agar anda dapat membandingkannya. Dengan kata lain saya ingin anda benar-benar mengerti not angka ke not balok dengan banyak nada dasar. Kalau bisa ya semua nada dasar.

Sebelumnya, saya tampilkan dulu kunci melodi / tangga nada Bb. Klik gambar untuk memperbesar.



Gambar sedang di edit




Perhatikan notasi balok di atas.

Dalam not balok garis ke-1 di paranada adalah nada E, garis ke-2 nada G dan seterusnya (permanen). Jadi main dalam nada dasar G atau nada dasar apapun, garis ke-1 tetap nada E. Dengan kata lain garis paranada itu tidak berubah.

Jika not angka diterjemahkan ke not balok, maka garis paranada itu menjadi berubah bagi not angka. Misalnya dalam Nada C (not angka), garis ke-1 di paranada adalah mi ( E ), jika nada dasarnya D (not angka) garis ke-1 paranada itu menjadi re.

Intinya dalam notasi balok tidak mengenal angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Dengan kata lain bahwa secara teori not balok dan not angka itu tidak sama dalam hal posisi not.

Huruf di bawah not mewakili not balok dan angka di bawah huruf mewakili not angka.

Dalam notasi balok nada dasar Bb memiliki 2 mol ( bb ) di bagian depan, dekat birama 4/4. Untuk mengetahui kenapa diberi 2 mol, silakan anda baca postingan yang berjudul Menghitung Tanda Mol.

Untuk mengerti terjemahan dari not angka ke not balok maka anda harus memperhatikan kunci melodi Bb di atas, lalu bandingkan notasi angka dengan notasi balok.

Lihat notasi angka lagu Syukur dan notasi balok lagu Syukur di bawah ini.




Semoga anda mengerti.

Posting Komentar untuk "Not Angka Ke Not Balok Nada Bb"