Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Not Angka Ke Not Balok Nada G

Menterjemahkan not angka ke not balok nada G atau translate dari not angka menjadi not balok nada G yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar alat musik, sehingga lebih mudah mengerti.

Lagu Syukur diciptakan oleh H. Mutahar, lagu ini saya ambil dari sebuah website kemudian saya edit dan beri nada dasar G agar berbeda dengan nada dasar yang sebelumnya. Intinya agar anda mengerti nada dasar yang lain.

Agar anda lebih mengerti menterjemahkan not angka ke not balok, saya tampilkan kunci melodi G di bawah ini. Klik gambar untuk memperbesar.


gamabr tangga nada g dan angka


Perhatikan notasi balok di atas.

Dalam not balok garis ke-1 di paranada adalah nada E, garis ke-2 nada G dan seterusnya (permanen). Jadi main dalam nada dasar G atau nada dasar apapun, garis ke-1 tetap nada E. Dengan kata lain garis paranada itu tidak berubah. Selain itu ada spasi yakni huruf F, A, C, dan E.

Jika not angka diterjemahkan ke not balok, maka garis paranada itu menjadi berubah bagi not angka. Misalnya dalam Nada C (not angka), garis ke-1 di paranada adalah mi ( E ), jika nada dasarnya D (not angka) garis ke-1 paranada itu menjadi re. Dengan kata lain bahwa secara teori not balok dan not angka itu tidak sama dalam hal posisi not. Dalam gambar di atas ada huruf mewakili not balok dan angka di bawah huruf mewakili not angka.

Dalam notasi balok nada dasar G diberi tanda 1 kres ( # ), kenapa ada tandanya ? Jika anda ingin tahu baca postingan berjudul Menghitung Tanda Kres.

Baiklah kita lihat lagu Syukur dalam not angka dan not balok di bawah ini.


notasi angka syukur g dan notasi balok syukur g


Perhatikan akor awalnya yaitu Em dan akor bagian akhir juga Em.

Dalam musik ada lagu yang dimulai dari major dan ada yang dimulai dari minor. Bahasa awamnya “ada yang main di kunci minor ada yang main di kunci major”.

Dalam teori musik (not balok) nada dasar selalu bernada dasar major. Jika ada lagu pada ”kunci minor“ maka tetap ditulis dengan nada dasar major. Psangannya C = Am, G= Em F=Dm dan seterusnya.


Perhatikan notasi angka dan notasi baloknya.

Pada bar ke-1 not angka, ada angka 6, titik (.) angka 6, 6, 6

Angka 6 semuanya memiliki titik di bawah, artinya angka 6 rendah.

Tempatkan angka 6 ( la ) pertama pada garis paranada ( garis pertama not E ) yang lainnya pun begitu. Dalam notasi angka ada tanda titik (.) artinya nilai not. Satu titik bernilai 1 ketuk tetapi karena ada garis pembagi di atas maka nilainya menjadi 1/2 ketuk. Tanda titik ini terhitung dengan not sebelumnya. Maka not pertama 6 ( la ) nilainya 1 ketuk + 1/2 ketuk = 1 1/2 ketuk. Sementara dalam not balok sama seperti itu. Angka 6 berikutnya bergaris atas artinya nilai not angka 6 tersebut bernilai 1/2 ketuk sedangkan nilai not angka 6 berikutnya masing-masing bernilai 1 ketuk. Dalam not balok, 1/2 ketuk bergambar bulatan hitam diberi 1 bendera sedangkan 1 ketuk bergambar bulatan bergaris tanpa bendera.

Pada bar ke-2 not angka, ada angka 1, titik (.), 7, 6, titik (.).

Angka 1, tempatkan pada garis paranada kedua ( not G ), angka 7 bertitik bawah ( 7 rendah ) tempatkan pada spasi pertama ( not F ), angka 6 bertitik bawah tempatkan pada garis pertama ( not E ).

Tanda titik yang pertama bernilai 1/2 ketuk dan titik kedua benilai 1 ketuk. Dalam notasi balok bernilai 2 ketuk bergambar bulatan putih di tengahnya.

Pada bar ke-3 not angka, ada angka 3, titik (.), 3, 2,1 garis lengkung bawah.

Angka 3, tempatkan pada garis ke-3 di paranada ( not B ), angka 2 tempatkan di spasi ke-2 ( not A ) dan angka 1 tempatkan di garis ke-2 paranada ( not G ). Lihat gambar tangga nada di atas.

Dari notasi di atas yang belum dibahas adalah tanda garis lengkung di bawah. Tanda itu disebut sebagai legato atau slur. Fungsinya menyambungkan beberapa notasi. Jika memainkan legato, jangan ada nada yang terputus.

Pada bar lainnya saya pikir anda sudah tahu / mengerti, kecuali pada bar ke-9.

Pada bar 9 ketukan ke-4, ada angka 654 diberi 1 garis atas. 1 ketuk ada 3 notasi dan di bawahnya diberi garis lengkung. Dalam musik 1 not dibagi 3 disebut triplet dan garis lengkung legato.

Jika kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak.

Semoga anda mengerti.

Posting Komentar untuk "Not Angka Ke Not Balok Nada G"