Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Not Angka Ke Not Balok Nada D

Menterjemahkan not angka ke not balok nada D atau translate dari not angka menjadi not balok yang kali ini dibahas, menggunakan gambar notasi sehingga mudah dimengerti.

Sebelumnya saya tampilkan terlebih dahulu kunci melodi atau tangga nada D dalam notasi balok. Nantinya tangga nada ini menjadi patokan atau pedoman untuk menterjemahkan.

Klik gambar untuk memperbesar.


tangga nada d dengan angka pada not balok


Dalam not balok nada dasar D memiliki tanda # # ( 2 kres ) di depan. Jika anda ingin tahu kenapa ada tanda kres sebanyak 2 buah, silakan baca postingan yang berjudul Menghitung Tanda Kres.

Mulai dari bawah adalah not D, E, F dan seterusnya. Dalam notasi angka D = 1, E = 2, F = 3 dan seterusnya lihat angka di bawah huruf. Pada not D ada angka 1 tanpa titik, bertitik 1 di atas dan bertitik 2 di atas. Artinya titik 1 di atas adalah lebih tinggi 1 oktaf dan 2 titik artinya lebih tinggi 2 oktaf.

Lihat gambar notasi angka dan balok di bawah ini.


notasi lagu ibu kita kartini not angka dan balok


Dalam notasi angka di atas pada bar ke-1 ada angka | 1 | . (titik) bergaris 2 | 3 | 4 |

Lihat tangga nada di atas, posisi angka 1 ada di bawah huruf D, jadi anda tinggal menempatkan not D pada not balok pada bagian yang paling bawah. Jika angka 1 ada titiknya maka tempatkan not D bagian tengah, itu untuk menunjukkan oktaf.

Berikutnya ada tanda titik bergaris dan angka 2.

Arti tanda titik not angka di atas adalah nilai not untuk not sebelumnya yakni not 1 = D.

Arti tanda garis 1 di atas adalah membagi 2 pada not di bawahnya. Jadi titik itu bernilai 1/2 ketuk dan angka 2 juga 1/2 ketuk. Angka 2 itu sama dengan not E maka pada not balok harus ditulis nilai not sebelumnya D bertambah 1/2 ketuk dan not E  bernilai 1/2 ketuk.

Dalam not balok 1 ketuk di atas = not 1/4 dan 1/2 ketuk = not 1/8 pakai bendera.

Berikutnya angka 3, anda tinggal lihat tangga nada di atas. Angka 3 adalah not F maka tinggal tempatkan not F itu pada notasi balok tepatnya pada spasi ke-1.

Berikutnya angka 4 adalah not G maka tempatkan not G itu pada notasi balok tepatrnya garis kedua.

Untuk yang lainnya sama. Anda tinggal lihat not angka kemudian lihat tangga nada lihat posisi angka itu ada pada not apa kemudian tempatkan not itu pada notasi balok.

Notasi berikutnya saya pikir anda sudah tahu.

Dalam nada dasar D not Do (angka 1) posisinya berada pada garis ke-4 sedangkan dalam nada dasar C posisinya berada pada spasi ke-3. Artinya nada D lebih tinggi 1 nada dibanding nada C.

Semoga postingan ini bermanfaat.