Not Angka Ke Not Balok Nada D

Menterjemahkan not angka ke not balok nada D atau translate dari not angka menjadi not balok yang kali ini dibahas, menggunakan gambar notasi dan alat musik, sehingga mudah dimengerti.


Sebelumnya saya tampilkan terlebih dahulu kunci melodi D dalam notasi balok. Ini  untuk patokan saja, supaya lebih mudah mengerti.

Klik gambar untuk memperbesar.
Dalam alat musik gitar dan piano menjadi seperti di bawah ini.
  

Selanjutnya, lihat notasi angka  lagu Ibu Kita Kartini di bawah ini.



Saya sengaja menggunakan lagu Ibu Kita Kartini agar terlihat perbedaannya antara nada dasar C dan nada dasar D. Di bawah ini adalah notasi balok nada dasar D.


Dalam not balok nada dasar  D memiliki tanda # # ( 2 kres ) di depan. Jika anda ingin tahu kenapa ada tanda kres sebanyak 2 buah, silakan baca postingan yang berjudul  Menghitung Tanda Kres.


Dalam nada dasar D not Do (angka 1) posisinya berada pada garis ke-4 sedanhgkan dalam nada dasar C  posisinya berada pada spasi ke-3 (lihat notasi lagu nada C di bawah). Artinya nada D lebih tinggi 1 nada dibanding nada C.




  
Perhatikan kunci melodi D notasi balok di atas dan notasi angka lagu, lalu bandingkan notasi angka dengan notasi balok nada D dan nada C.
Semoga anda mengerti.


NB:

Jika ada yang kurang jelas atau tidak mengerti, silakan bertanya di kotak komentar.

2 Komentar untuk "Not Angka Ke Not Balok Nada D"

  1. Dalam oktaf ke berapa jika dimainkan pada piano ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya untuk not angka tidak ada ketentuan tentang oktaf, tapi untuk not balok di atas, not awalnya berada pada oktaf ke-5, ini menurut standard internasional - MIDI.

      Hapus
Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel