Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Notasi Drum

Hari ini saya akan membahas cara menulis notasi drum. Untuk mendapat clef drum (perkusi) pada garis paranada, pilih menu EDIT di atas, lalu pilih Instruments kemudian pilih Unpitched Percussion.

Di sana ada pilihan : Drumset, Snare Drum, Bass Drum, dan lainnya.

Pilih Drumset lalu klik menu Add yang ada di tengah itu maka Drumset akan masuk ke kotak sebelah kiri. Lakukan hal yang sama untuk Snare Drum, Bass Drum dan Cymbal. Setelah itu klik OK (bagian bawah) maka alat musik itu akan masuk kedalam halaman lembar musik.

Saya sudah memberi beat drum, lihat gambar di bawah ini


penulisan notasi drum pada musescore


Klik gambar untuk memperbesar.

Pada bagian drumset hanya diisi oleh hi-hat closed, sebenarnya snare drum, bas drum dan lainnya bisa masuk ke dalam drumset itu. Tapi jika digabungkan, tidak akan bisa di-mixing pakai software FL Studio ( mixing itu harus per track ).

Rencananya setelah mengaransemen pakai musescore akan dijadikan MP3 pakai Software FL Studio - sedikit diolah agar suaranya agak bagus.

Baiklah sekarang saya akan jelaskan membuat beat drum di atas.

Lihat Drumset (di atas) ada closed hi-hat, cara membuatnya tekan huruf A. Selanjutnya akan ditampilkan (di bagian bawah) semua yang ada dalam drumset. Anda tinggal memilih yang anda inginkan. Setelah itu drag bagian drumset di bawah ke tempat not yang anda inginkan. Jika satu atau dua not sudah dibuat, anda tinggal copy paste saja.

Untuk membuat snare drum, anda pilih dulu nilai not yang ada di atas. Setelah itu tekan huruf A lalu drag ke bagian not / tanda istirahat yang anda inginkan.

Untuk membuat bas drum dan yang lainnya, caranya sama.

Bagi anda yang belum mengerti silakan baca postingan yang berjudul Menulis Notasi Melodi dan/atau lihat video di bawah ini.



Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Notasi Drum"