Menu File Pada Musescore

Menu File dalam Musescore memiliki beberapa bagian, saya akan menjelaskan sedikit (tidak detail). 
Dalam menu File Musescore versi 2.1.0 ini terdapat sub menu sebagai berikut :

New (Ctrl + N)  untuk membuat lembar musik yang baru. Jika anda pilih bagian itu maka akan ada kolom informasi untuk lembar musik diantaranya title (judul), subtitle, composer, lyricist, dan copyright. Anda boleh mengisi semuanya atau hanya sebagian setelah itu tekan Next (bagian bawah) untuk melanjutkan. Setelah itu akan muncul format lembar musik, anda tinggal pilih, selanjutnya kolom untuk memilih nada dasar dan tempo. Anda tiggal pilih, untuk tempo klik dulu kotak di depan kata tempo. Selanjutnya jika pilih next, akan ada  birama (time signature),  pickup measure (jangan diisi) dan number of measure ( jumlah bar).  Lalu klik finish.

Open (Ctrl + O) untuk membuka file yang sudah anda simpan.

Open Recent  untuk melihat file yang sudah di-close yang terbaru maksimal 18 file.  Misalnya anda kemarin membuka file A, anda bisa membuka file A itu sekarang.  Tinggal anda arahkan kursor ke menu Open Recent, lalu pilih file A itu.

Save (Ctrl + S) untuk menyimpan file yang sudah dibuat.

Save As  untuk menyimpan file dengan nama yang diinginkan.

Save a Copy pada dasarnya ini untuk menyimpan tapi untuk copy-nya.

Save Selection untuk menyimpan bagian dari lembar musik yang dipilih. Misalnya ada 32 bar notasi, dan anda ingin menyimpan sebagian saja. Anda blok bagian yang anda inginkan lalu pilih Save Selection. Jadi jika file itu dibuka hanya sebagian saja yang ada.

Save Online saya belum pernah coba, tapi dari bahasanya,  ini adalah menyimpan file secara online. Penyimpanan ini tentunya diatur oleh Musescore.  Pastinya anda harus login terlebih dahulu.

Export pada dasarnya adalah menyimpan file dengan format (ekstensi) yang lain. Misalnya file anda disimpan dengan format midi, png, pdf dan lain-lain. Di sana banyak pilihan tapi tidak semua format yang ada bisa langsung digunakan.
Export Parts belum aktif, secara bahasa artinya mengekspor/menyimpan sebagian lembar musik dengan format file (ektensi) yang berbeda/yang lain.

Import Pdf untuk mengimpor / membuka file pdf dari luar ( menggunakan internet ).

Close (Ctrl +F4) untuk menutup file

Parts adalah untuk memisahkan bagian instruments. Misalnya anda punya 4 instrument dalam sebuah lembar musik, lalu anda ingin semuanya terpisah  atau hanya ingin 2 instrumen saja. Caranya pilih parts lalu akan muncul kotak dengan menu Select Part dan Edit Part.
Select Part untuk memilih/menampilkan part  yang ada pada lembar musik (partitur).  Pilih New All.
Edit Part untuk menggabungkan part yang kita inginkan. Misalnya ada piano, gitar, drum, biola, anda ingin biola dan gitar saja. Caranya tinggal ditandai  (klik bagian kotak depannya). Setelah itu klik OK bagian bawah. Maka anda akan melihat hasilnya pada lembar musik. Dicoba-coba saja. Hasilnya tinggal disimpan.

Album untuk mengumpulkan file-file agar menjadi sebuah album. Dalam album itu ada menu
Album Name untuk memberi nama album
Add Score untuk memasukkan score
Remove Score  untuk menghapus score
New menyimpan album
Load membuka  album

Score Properties saya tidak tahu, dari bahasanya berarti properti  untuk file /score. Di sana memang ada beberapa properti seperti pembuat lirik, arranger dan sebagainya.

Print (Ctrl + P) untuk mencetak lembar musik

Quit (Ctrl + Q) keluar dari aplikasi musescore




Semoga anda mengerti.

Belum ada Komentar untuk "Menu File Pada Musescore"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel