Menu Edit Pada Musescore

Saya akan bahas menu EDIT dalam Musescore (hanya yang saya tahu saja). Jika saya tidak tahu, silakan anda buka menu Help lalu pilih Handbook Online.

Dalam menu  EDIT terdapat beberapa pilihan submenu sebagai berikut,

Undo (Ctrl + Z) untuk mengembalikan pada keadaan semula. Misalnya anda telah mengetik 5 not tapi not itu ternyata salah. Anda bisa menggunakan undo dengan cara klik beberapa kali tanda panah arah kiri ( di atas ) atau tekan tombol Control lalu tekan huruf Z beberapa kali.

Redo (Ctrl + Y) kebalikan dari Undo. Misalnya anda menghapus 1 bar notasi (pakai undo) lalu anda ingin notasi itu kembali ada. Caranya klik tanda panah arah kanan ( di atas ) atau tekan tombol Control  lalu tekan huruf Y.

Cut (Ctrl  + X) untuk memindahkan /mengkopi  notasi. Misalnya anda salah ketik,  harusnya notasi itu ada pada bar ke-6 tapi ada di bar ke-4. Pilih saja notasi pada bar tersebut lalu tekan Ctrl X. Setelah itu letakkan kursor pada bar tujuan anda. Lalu tekan Ctrl V. Hasilnya notasi itu akan berpindah. Cut juga seperti mengkopi, setelah dipindah ke bar tujuan, bisa pilih bar lain lalu tekan Ctrl V.

Copy (Ctrl + C) untuk mengkopi notasi dengan hurufnya. Caranya pilih notasi yang akan dikopi lalu tekan Ctrl C kemudian letakkan kursor di tempat tujuan dan tekan Ctrl V.

Paste (Ctrl + V) untuk menempatkan notasi yang telah di-cut dan di-copy.

Swap with Clipboard (Ctrl + Shift + X) artinya memindahkan notasi bar ke clipboard (tempat menyimpan di memori komputer) lalu memindahkan ke bar yang lain. Perbedaannya dengan Cut adalah swap hanya menggunakan (Ctrl + Shift + X) untuk mengambil notasi lalu dengan perintah yang sama meletakkan notasi itu. Hanya 1 kali, namun jika awalnya (Ctrl + Shift + X) lalu menggunakan Ctrl V, maka notasi itu akan tetap ada di clipboard.

Select All (Ctrl + A) untuk memilih seluruh bar pada lembar musik. Salah satu kegunaannya untuk men-transpose nada dasar. Misalnya nada dasar C mau dirubah ke nada dasar G. Sebelum dirubah harus dipilih seluruh bar-nya (diblok).

Select Section saya tidak tahu submenu ini. Saat saya coba ternyata hampir sama dengan Select All.

Find (Ctrl + F) saya tidak tahu. Biasanya menu Find ini untuk mencari misalnya sebuah kata (dalam aplikasi lain). Di sini saya tidak menemukan untuk menulis kata atau not.

Instruments  (I) dengan menekan huruf I maka akan muncul  tempat instrument. Anda tinggal pilih instrument yang diinginkan dengan cara klik lalu anda klik Add agar instrument  yang dipilih masuk ke bagian kotak kiri. Setelah selesai semuanya jangan lupa klik OK yang di bawah, maka semua alat musik aka nada di lembar musik. Selain Add untuk menambahkan alat musik, ada juga Remove untuk menghapus alat musik yang sudah dipilih. Untuk memilih yang akan dihapus, gunakan panah ke bawah dan ke atas.

Measure terbagi menjadi 3 submenu
Delete selected measures (Ctrl + Del) artinya menghapus bar yang terpilih.
Split Measure Before Selected Note artinya membelah notasi yang ada dalam bar  sebelum not yang terpilih.
Join Selected Measures artinya menggabungkan measure / bar yang terpilih. Sebaiknya anda coba semuanya supaya anda tahu apa yang saya maksud.

Tools terbagi menjadi  7 submenu
Add /Remove Line breaks  artinya menambahkan atau menghapus bar yang dipotong. Misalnya dalam satu baris ada 4 bar anda ingin menjadi 3 bar. Letakkan kursor pada  bar ke-3 lalu pilih line break ada pada menu palette submenu Break & Spacers. Setelah itu tersisa 1 baris yang isinya 1 bar. Anda bisa menambahkan/menghapus bar dengan Add/Remove Line Breaks.

Explode saya tidak tahu ini subnmenu untuk apa
Implode saya tidak tahu ini subnmenu untuk apa
Fill With Slashes artinya mengisi bar dengan tanda slash.
Toggle Rythmic Slash Notation artinya menampilkan notasi slash menjadi notasi balok.
Resequence Rehearsal Marks saya tidak tahu maksud submenu ini.
Copy Lyrics to Clipboard artinya mengkopi lirik ke clipboard, yang dimaksud clipboard  adalah tempat menyimpan di memori komputer.  Jadi lirik yang telah kita ketik di Musescore bisa kita kopi ke tempat lain misalnya ke Word atau ke Excel. Notasinya tidak ikut terkopi, jadi hanya liriknya saja. Caranya pilih Copy Lyrics to Clipboard lalu kita buka Excel misalnya, di sana tekan Ctrl V.

Voices tentang suara, saya tidak tahu tentang ini.

Workspaces dalam submenu ini yang terpenting adalah memilih Basic atau Advanced. Jika kita pilih basic maka menu yang ada dalam palette misalnya jadi sederhana (kurang komplit), jika pilih Advanced menunya lebih komplit. Ini tergantung selera.

Preferences terlalu banyak kalau dijelaskan di sini, sebaiknya anda baca sendiri. Bagian terpenting dari preperences ini adalah submenu Shortcuts dan General  untuk merubah bahasa menjadi  Bahasa Indonesia,  tapi  terjemahannya tidak lengkap.

Semoga anda mengerti.



Belum ada Komentar untuk "Menu Edit Pada Musescore"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel