Cara Menulis Notasi Melodi

Saat ini saya akan membahas cara menulis notasi pada clef treble. Pada umumnya clef treble ini dipakai untuk melodi dan ritem. Perlu anda tahu bahwa  tiap alat musik memiliki clef yang berbeda-beda. Agar anda mengerti tentang clefs, silakan anda  baca postingan yang berjudul Clefs

Penulisan notasi pada musescore menggunakan huruf C, D, E, F, G, A, B, C (Do, re, mi fa, sol, la, si, do). Bagi anda yang sama sekali belum tahu notasi balok, silakan baca postingan berjudul Kunci Melodi C dengan Nilai Not dan Tanda Diam. Akan lebih baik jika anda juga membaca yang lainnya yang berhubungan dengan notasi balok. Lihat dalam kategori Teori Musik ( di samping kiri ).

Baiklah saya anggap anda sudah membaca / sudah tahu tentang notasi balok.
Di bawah ini contoh gambar notasi / penulisan notasi.


Klik untuk memperbesar.

Keterangan :

Pada bar ke-1 ada not penuh, cara membuat not penuh adalah ketik saja huruf C misalnya (untuk nada Do), setelah itu matikan note input (huruf N) yang berada paling samping kanan. Lalu kursornya letakkan tepat di kepala not. Lalu pilih ( klik ) not penuh yang ada di atas.

Pada bar ke-2 ada not setengah (1/2), cara membuatnya,  letakkan kursor pada tanda istirahat penuh. Lalu pilih ( klik ) not setengah di atas, maka tanda istirahat penuh akan terbagi 2, setelah itu anda tinggal ketik not yang diinginkan.

Pada bar ke-3 ada not seperempat (1/4), cara membuatnya, letakkan kursor pada tanda istirahat, lalu pilih not seperempat di atas, lalu ketik not yang diinginkan.

Pada bar ke-4 ada not seperdelapan (1/8), cara membuatnya, letakkan kursor pada tanda istirahat lalu pilih ( klik ) not 1/8 di atas, maka not itu akan menjadi not 1/8 bagian awalnya. Setelah itu ketik not yang diinginkan.

Pada bar ke-5 caranya sama dengan bar ke-4.

Pada bar ke-6, ke-7 dan ke-8 ketiganya caranya sama yaitu letakkan kursor pada not yang akan ditambah nilainya. Setelah itu klik titik (.) di atas.

Pada bar ke-9 ada garis lengkung, itu adalah slur (legato). Caranya lihat di samping kanan ada menu di bawah palletes, baca di bawah menu itu lalu klik  lines, setelah itu drag garis lengkung ke kepala not. Jika ada 3 not atau 4 not, tarik saja ujung garisnya ke not yang diinginkan.

Pada bar ke-10 ada not yang di bawahnya ada angka 3. Itu adalah triplet = 1 not dibagi 3. Caranya letakkan kursor pada not yang akan dibagi 3, lalu klik menu notes di atas, lalu akan muncul sub menu klik tuplets, lalu muncul lagi sub menu klik triplet. Setelah itu not akan terbagi menjadi 3, anda tinggal ketik not yang diinginkan.

Pada bar ke-11 ada not bertanda # (kres), caranya di bawah palette cari accidentals, lalu klik, setelah itu drag tanda kres (#) letakkan di atas kepala not yang akan diberi tanda kres.

Pada bar ke-12 ada not bertanda mol (b), caranya sama dengan bar ke-11 yakni klik accidentals terlebih dahulu lalu drag tanda mol itu.

Agar anda lebih mengerti, silakan lihat video di bawah ini.






Sebenarnya penulisan notasi tidak harus seperti yang saya tulis di atas, anda bisa tulis dengan cara anda sendiri. Intinya cari cara yang lebih mudah dan nyaman.
Semoga anda mengerti.


NB:

Penulisan notasi alat musik bas sama dengan penulisan melodi di atas, bedanya bas menggunakan clef bas, dan tempat not-nya beda dengan clef treble. Baca postingan yang berhubungan dengan notasi bas. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Menulis Notasi Melodi"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel