Mengenal Musescore / Aplikasi Untuk Membuat Partitur

Postingan ini membahas tentang aplikasi Musescore yang berfungsi untuk membuat partitur dalam bentuk notasi balok dan tab gitar. Musescore adalah aplikasi gratisan yang berkemampuan pro. 

Musescore adalah sebuah aplikasi untuk menulis notasi musik terutama notasi balok dan bisa juga untuk TAB (tabulasi gitar). Musescore dilengkapi oleh ratusan simbol musik dan puluhan alat musik. Singkatnya sangat layak untuk membuat partitur (lembar musik). Selain itu musescore bisa menggabungkan puluhan alat musik dalam sebuah aransemen musik, seperti sebuah orchestra.
Mungkin musescore ini adalah aplikasi partitur terbaik ( gratisan ) untuk menulis notasi balok. Jika anda suka membuat musik atau ingin belajar membuat musik, silakan download di alamat ini


Bagi anda yang belum bisa atau belum mengerti notasi balok, anda belajar dulu di blog ini. Percayalah bahwa mengerti not balok itu mudah. Saya yakin jika anda sudah bisa main musik, anda akan mudah mengerti notasi balok dan anda bisa membuat musik. Syaratnya anda harus punya feeling atau bisa sedikit bermain melodi. Yang sulit itu membaca notasi balok pakai alat musik.

Di dalam blog ini saya sudah memposting tentang drum, bas, ritem dan melodi. Jika anda bisa menggabungkannya dalam sebuah lagu, maka akan menjadi musik yang lumayan. 
Baiklah saya akan kembali pada musescore.

Keunggulan Musescore adalah
1.  Gratis
2.  Setelah membuat musik bisa langsung didengar
3.  Bisa disimpan dalam jenis file berbeda, misalnya Pdf, Png, Midi, dan lainnya.
4.  Bisa dicetak
5.  Bisa digabungkan dengan aplikasi lain, misalnya aplikasi DAW yang biasa dipakai di Home Recording.

Mungkin masih ada lagi keunggulannya, tapi saat ini belum terbayang oleh saya.


Selanjutnya
Jika anda punya lagu dalam bentuk notasi balok, lalu anda ingin tahu lagu itu tapi anda tidak bisa membaca not balok. Asal anda mengerti cara menulis not balok di Musescore, maka anda tinggal ketik lagu itu, setelah selesai langsung dengarkan. 
Jika anda pencipta lagu, sebaiknya anda tulis lagu ciptaan anda dalam notasi balok di Musescore. Siapa tahu lagu itu suatu saat nanti bisa menguntungkan (dijual).
Jika anda mahir bermain musik, anda bisa buat aransemen yang professional.
Pokoknya banyak faedahnya

Saya sudah membuat postingan yang berhubungan dengan musescore, jika sudah membaca semua postingan mungkin anda akan bisa menulis notasi pada Musescore.

Sebagai gambaran buat anda, di bawah ini contoh musik yang dibuat pakai musescore.





Musik di atas suaranya belum bagus, jika musik di atas diolah pakai FL Studio, maka hasilnya akan lebih bagus. Semua alat musik akan diganti oleh alat musik yang ada pada FL Studio

Semoga anda menyukai musescore. 

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Musescore / Aplikasi Untuk Membuat Partitur"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel