Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat MIDI Menjadi MP3

Membuat file MIDI menjadi MP3 yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan audio / video sehingga lebih mudah dimengerti.

Postingan ini merupakan sambungan dari postingan tentang aransemen sederhana lagu Bubuy Bulan. Setelah lagu itu diaransemen pada aplikasi musescore kemudian saya save / simpan dengan format MIDI. Perlu diketahui bahwa aplikasi musescore adalah aplikasi gratisan. Dalam aplikasi tersebut file tidak bisa dikonversi menjadi MP3. Jadi saya menggunakan software Fruit Loop atau disebut juga dengan FL Studio.

Sebenarnya untuk membuat file MIDI menjadi file MP3 ada 2 cara.

Pertama : Menggunakan software untuk konversi, ada beberapa software gratisan yang bisa anda gunakan, anda tinggal browsing di google. Sayangnya dengan cara itu hasilnya jelek, menurut saya.

Kedua : Menggunakan software musik. Cara ini adalah yang terbaik.

Saya menggunakan salah satu software musik (DAW) yaitu FL Studio 12. Hasilnya akan bagus jika dikerjakan oleh yang mahir mixing dan mastering. Tapi saya tidak mahir. Yang penting anda tahu cara membuat Midi menjadi MP3.

Umumnya orang membuat musik langsung pakai software musik, tidak pakai aplikasi musescore. Kalau saya lebih suka pakai musescore untuk aransemen, setelah itu pakai FL Studio. Alasannya lebih mudah mengontrol dan memperbaiki jika ada kesalahan.

Baiklah saya mulai FL Studio.

Buka software FL Studio

Pilih menu File lalu pilih Import

Pilih MIDI

Pilih file MIDI yang diinginkan (yang telah anda buat)

Tekan Accept pada jendela Import Midi Data

Tutup semua jendela track yang ditampilkan

Letakkan cursor pada MIDI track pertama

Tekan mouse kanan

Pilih Piano Roll

Klik ujung atas kanan piano roll

Pilih File

Pilih Save Score As

Beri nama track lalu Save

Lakukan hal yang sama untuk track yang lain.

Susunan track di FL Studio persis sama dengan susunan alat musik pada musescore yang dibuat.

Lihat video di bawah ini supaya lebih jelas.



Setelah semua track atau instrument disimpan, selanjutnya masukan semua alat musik itu pada channel FL Studio.

Untuk penjelasannya ada di dalam video itu. Setelah itu tinggal di-mixing dan mastering. Saya tidak melakukan itu. Saya hanya merubah frekuensinya. Setelah itu saya jadikan MP3. Caranya pilih Menu File lalu pilih Export lalu pilih MP3 lalu beri Nama File lalu pilih Save setelah itu pilih Start. Biarkan proses rendering sampai selesai. Hasilnya seperti di bawah ini.



Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Membuat MIDI Menjadi MP3"