Mengisi Melodi Pada Lagu

Kali ini saya akan membahas tentang mengisi melodi pada musik / lagu. Dilengkapi dengan notasi dan audio untuk mendengar notasi tersebut, sehingga mudah dimengerti.

Jika kita perhatikan sebuah lagu pop Indonesia, kita pasti akan mendengar  melodi variasi pada tempat-tempat kosong itu, contohnya dari kalimat pertama ke kalimat kedua  sebuah lagu biasanya ada bagian yang kosong, saat itu biasanya diisi oleh melodi.  Semoga anda mengerti maksud saya.

Mengisi tempat-tempat kosong menggunakan melodi variasi merupakan bagian dari aransemen musik. Kegunaannya agar musik itu tidak kosong sekaligus membuat musik itu lebih enak didengar.
Untuk membuat melodi variasi seperti itu, kita harus memperhatikan lagu dan genre musik yang digunakan. Biasanya jika musik  rock maka variasi melodinya melodi rock juga. Jika musik jazz maka melodi variasinya menggunakan nuansa jazz juga.  Namun ada juga yang menggunakan variasi lain, misalnya musik rock diberi variasi melodi  musik daerah.

Saya akan mencoba untuk membuat variasi melodi pada musik/lagu Bubuy Bulan – melanjutkan  postingan Membuat Intro Lagu. Saya akan menggunakan scale sunda (pelog).
Lihat lagu bubuy bulan dan variasi melodi di bawah ini.



Melodi di atas terdiri dari intro, melodi lagu, dan melodi isian. Melodi intro bagian depan (flute) dan melodi isian (mengisi melodi pada tempat kosong) pakai flute juga.

Jika melodi variasi ini digabungkan dengan video pada postingan Membuat Intro Lagu maka akan menjadi seperti di bawah ini.



Semoga anda menyukai musik di atas.


Belum ada Komentar untuk "Mengisi Melodi Pada Lagu"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel