Tangga Nada F ( Kunci Melodi F )

Postingan ini membahas tangga nada F ( kunci melodi F ) menggunakan notasi angka dan notasi balok. Dilengkapi gambar keyboards dan gitar, juga ada audio untuk mendengar notasi tersebut, sehingga mudah dimengerti.

Saya pernah membahas tentang kunci melodi nada dasar  D, G, A, dan lainnya. Kunci melodi pada  nada dasar tersebut memiliki  tanda # (kres) pada tuts keyboards. Sementara kunci melodi F memiliki  tanda b ( mol ). Mungkin anda ingin tahu kenapa G itu memiliki tanda kres satu buah sedangkan F memiliki tanda b (mol) satu buah.   Jika anda ingin tahu buka postingan Menghitung Tanda Kres dan Menghitung Tanda Mol.

Fungsi tangga nada ( kunci melodi ) adalah untuk belajar melodi, baik itu melodi lagu maupun melodi improvisasi.
Baiklah kita lihat kunci melodi F  (solmisasi F) pada keyboards.




Berikutnya pada alat musik gitar. 



Jika anda ingin mempraktekkannya, silakan mainkan notasi di bawah ini. Namun sebelumnya pastikan alat musik anda dalam keadaan standard  (stem / setelan standard).





Tempo lagu di atas adalah 60 BPM ( beat per minute ) artinya 60 ketuk dalam satu menit atau  1 ketuk durasinya sama dengan 1 detik. Anda bisa menggunakan jarum panjang jam dinding untuk ketukan. Jika anda punya metronom  gunakan metronom.

Jika  anda ingin tahu betul atau tidak yang anda mainkan/baca.  Silakan dengar dan bandingkan dengan video di bawah ini. Jika sama, artinya anda betul.



Video di atas memakai notasi balok supaya anda tahu dalam notasi baloknya. Satu hal yang harus diperhatikan yaitu bahwa dalam notasi balok untuk nada dasar F diberi tanda b (mol) satu buah. Sementara pada gambar keyboards di atas juga diberi tanda b (mol) satu buah. Keduanya (gambar keyboards dan notasi balok) adalah sama, hanya beda bahasanya saja.
Semoga anda mengerti.





NB:

Bagi anda yang ingin punya metronom, silakan download di Play Store – gratis, gunakan ponsel android. Cari metronom yang lengkap, kalau ada.

Belum ada Komentar untuk "Tangga Nada F ( Kunci Melodi F )"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel