Tangga Nada D ( Kunci Melodi D )

Postingan ini membahas tangga nada D ( kunci melodi D ) dengan menggunakan notasi angka. Disertai gambar keyboards dan gitar sebagai penunjang penerapan sehingga mudah dimengerti. Juga ada audio untuk mendengar contoh notasi. 

Banyak anak sekolah di youtube yang bermain pianika dengan nada dasar C - mungkin mereka semua menggunakan nada dasar C. Kenapa harus nada dasar C ?
Secara teori maupun prakteknya nada dasar C memang lebih mudah dibandingkan dengan nada lain. Alasannya doremi (solmisasi) nada C semuanya menggunakan tuts berwarna putih. Dengan kata lain tidak menggunakan tuts berwarna hitam. Jadi mudah diingat solmisasinya.

Sesungguhnya jika ingin berkembang dalam musik maka harus tahu atau bisa bermain pada nada dasar apapun.  Maksudnya jangan hanya bisa bermain pada nada dasar C saja, tidak akan ada kemajuan. Oleh sebab itu pada saat ini saya akan membahas tentang nada dasar D.

Bagi anda terutama anak sekolah, di bawah ini adalah kunci melodi nada dasar D untuk pianika, piano dan sejenisnya. Klik gambarnya untuk memperbesar.


solmisasi nada d pada piano

Perhatikan not Do,  karena not Do berada pada tuts D maka notasi di atas bernada dasar D. Jadi not Do itu merupakan petunjuk nada dasar.  Dalam musik not Do itu memiliki 2 nada yaitu major dan minor. Maksudnya jika dalam sebuah lagu ada tulisan Do = D belum tentu lagu itu dimulai dari D. Bisa saja dimulai dari minor. Untuk nada dasar D – nada minornya adalah Bm.

Pada alat musik gitar  kunci melodi D seperti di bawah ini.


solmisasi nada d pada gitar


Sebenarnya masih banyak tempat melodi dalam nada dasar D ini, tapi saya mengambil sebuah variasi saja. Dalam gitar banyak persamaan not, misalnya not Do senar  5 ditekan (fret 5) sama dengan senar 4 dilepas.  Pada senar 1 dan 2 juga ada beberapa not yang sama.

Jika anda sudah mengerti kunci melodi D, selanjutnya tinggal praktekkan. Di bawah ini ada notasi untuk latihan, silakan anda baca.

lagu sederhana nada d


Perhatikan tempo di atas 60 BPM ( beat per minute ) atau 60 ketuk dalam satu menit.  Jadi dalam 1 ketuk durasinya adalah 1 detik. Dengan kata lain 1 ketuk = 1 detik. Gunakan jarum panjang jam dinding sebagai penuntun ketukan.  Jika anda punya metronom  itu akan lebih baik. Jika belum punya, anda bisa download di Play Store – gratis, gunakan ponsel android.

Jika sudah bisa membaca notasi di atas, hasilnya akan sama dengan video di bawah ini.




Video di atas menggunakan notasi balok nada dasar D, tujuannya agar anda tahu bahwa dalam notasi baloknya menjadi seperti itu. Satu hal yang harus diperhatikan yaitu bahwa dalam notasi balok untuk nada dasar D diberi tanda # (kres) sebanyak 2 buah. Lihat video garis paranada bar pertama dan gambar keyboards di atas, pada video ada 2 tanda kres menempati garis nada F menjadi F# dan spasi nada C menjadi C#, pada gambar keyboards ada tanda # (kres) yaitu not Mi (3) dan Si (7). Keduanya (gambar keyboards dan notasi balok) adalah sama, hanya beda bahasanya saja.
Semoga anda mengerti.



Belum ada Komentar untuk "Tangga Nada D ( Kunci Melodi D )"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel