Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tangga Nada D ( Not Angka )

Tangga nada D atau kunci melodi D dalam notasi angka yang dibahas kali ini. Pembahasan pakai gambar alat musik, sehingga lebih mudah dimengerti.

Dalam penulisan notasi angka, nada dasar tidak mempengaruhi notasi lagu. Maksudnya jika ada lagu menggunakan nada dasar A kemudian diubah menjadi nada dasar C maka notasinya tetap. Bagian yang berubah hanya keterangan di atas lagu, misalnya Do = A atau Do = C. Tetapi jika notasi itu diterapkan pada alat musik maka akan berubah tempatnya.

Didalam teori musik not Do itu memiliki 2 nada yaitu major dan minor. Misalnya pada sebuah lagu ada tulisan Do = D, lagu itu belum tentu dimulai dari D - bisa saja dimulai dari minor. Untuk nada dasar D minornya adalah Bm.

Tangga nada D ini sangat penting untuk bermain musik. Pasalnya kalau akan memainkan melodi lagu bernada dasar D pasti menggunakan tangga nada ini (untuk lagu yang menggunakan tangga nada diatonik). Selain itu tangga nada ini bisa digunakan sebagai pedoman untuk bermain improvisasi melodi. Selebihnya bisa saja tangga nada ini untuk membuat lagu dan lainnya.

Di bawah ini adalah kunci melodi / tangga nada D pada alat musik keyboard dan gitar.


gambar piano dan gitar tangga nada d not angka


Lihat not Do di bawah ( keyboard ), posisinya berada pada tuts D, artinya notasi itu bernada dasar D. Dengan kata lain bahwa not Do itu bisa dijadikan sebagai petunjuk untuk mengetahui nada dasar.

Jika ada yang kurang jelas silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepat mungkin.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tangga Nada D ( Not Angka )"