Tangga Nada G ( Kunci Melodi G )

Pada saat ini saya akan membahas tentang tangga nada G ( kunci melodi G ) menggunakan notasi angka dan notasi balok. Dibahas menggunakan gambar keyboards dan gitar, juga ada audio untuk mendengar notasi tersebut, sehingga mudah dimengerti.

Dalam penulisan notasi angka, nada dasar tidak mempengaruhi notasi lagu. Maksudnya jika ada lagu menggunakan nada dasar G kemudian dirubah menjadi nada dasar C maka notasinya tetap. Bagian yang berubah hanya keterangan di atas lagu, misalnya D0 = G atau Do = C. Tetapi jika notasi itu diterapkan pada notasi balok atau alat musik maka akan berubah tempatnya.

Di bawah ini adalah kunci melodi G ( scale G major ) pada alat musik keyboards – asal tahu saja bahwa yang termasuk kelompok keyboards adalah piano, organ, harpsichords, dan sejenisnya. 


Piano tangga nada G major

  
Lihat not Do,  posisinya berada pada tuts G, artinya notasi (solmisasi) di atas bernada dasar G. Dengan kata lain bahwa not Do itu bisa dijadikan petunjuk untuk mengetahui nada dasar. 
Didalam teori musik not Do itu memiliki 2 nada yaitu major dan minor. Misalnya pada sebuah lagu ada tulisan Do = G,  lagu itu belum tentu  dimulai dari G - bisa saja dimulai dari minor. Untuk nada dasar G minornya adalah Em.

Notasi di atas bisa digunakan sebagai pedoman untuk belajar melodi lagu atau melodi improvisasi.
Chord yang digunakan dalam nada dasar G adalah
G, Am, Bm, C, D, Em, Fdim ( family chords ). Namun yang Fdim jarang digunakan.

Berikutnya kunci melodi G ( tangga nada G ) pada alat musik gitar. 


gitar tangga nada G contoh


Bagi anda pemain gitar dan belum bisa bermain melodi, saya sarankan hapalkan scale G major ( kunci melodi G ) di atas.  Pasalnya itu pedoman untuk bermain melodi pada nada dasar G major. Selain itu bagian bawahnya ( senar 1 ) cari solmisasinya agar tangga nadanya lebih lengkap. Anda bisa mencari sendiri dengan menggunakan jarak nada atau menggunakan "feeling" coba nadanya satu per satu.

Bagi anda yang sudah mengerti dan ingin mencoba mempraktekkan scale G tersebut, silakan baca notasi di bawah ini. Namun jangan lupa alat musiknya di-stem dulu agar standar.


contoh notasi nada g


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Lihat tempo lagu di atas 60 BPM ( beat per minute ) sama dengan 60 ketuk dalam satu menit.  Artinya dalam 1 ketuk durasinya adalah 1 detik. Sebagai alat bantu, gunakan jarum panjang jam dinding.  Jika anda punya metronom  gunakan metronom. Bagi anda yang belum punya, download di Play Store – gratis, gunakan ponsel android.

Untuk mengetahui hasilnya, betul atau tidak yang anda baca, silakan bandingkan dengan video di bawah ini. Jika sama, artinya anda sudah bisa membaca not tersebut.





Video di atas memakai notasi balok, tujuannya agar anda tahu dalam notasi baloknya menjadi seperti itu. Satu hal yang harus diperhatikan yaitu bahwa dalam notasi balok untuk nada dasar G diberi tanda # (kres) 1 buah. Lihat video garis paranada bar pertama dan gambar keyboards di atas, pada video ada 1 tanda kres menempati garis nada F,  pada gambar keyboards ada tanda # (kres) yaitu not Si (7). Keduanya (gambar keyboards dan notasi balok) adalah sama, hanya beda bahasanya saja.


Tangga nada merupakan bagian yang penting dalam belajar melodi lagu atau improvisasi. Tangga nada menjadi dasar untuk penulisan notasi lagu maupun aransemen musik. Semua musisi pasti menguasai tangga nada seperti di atas.

Semoga postingan ini bermanfaat.



Catatan :
Artikel ini telah di-update pada tanggal 14 September 2019



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel