Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Bending Up dan Release

Teknik gitar bending up dan release yang akan dibahas saat ini. Pembahasan menggunakan gambar notasi dan video, sehingga lebih mudah dimengerti.

Bending up adalah suatu teknik menaikkan nada dengan cara menggunakan 1 fret. Contohnya anda memegang not Do pada sebuah fret kemudian ditarik ke atas, hasilnya menjadi not Re. Dengan kata lain suara yang dihasilkan oleh not Do yang senarnya ditarik ke atas akan menghasilkan suara not Re. Kira-kira begitu intinya. Kemudian suara yang naik itu akan dikembalikan pada suara asal yaitu not Do disebutnya release. Dalam bending up yang umum digunakan adalah naik 1/2 nada, naik 1 nada dan naik 1 ½ nada.

Pada tab gitar (tabulasi gitar) bending up ini ditulis dengan huruf BU atau b atau disimbolkan dengan tanda anak panah melengkung ke atas. Contohnya seperti gambar di bagian bawah.

Arti bar ke-1 adalah bending up senar 3 fret 5 hingga suaranya seperti pada fret ke-6. Caranya tekan senar 3 fret ke-5 lalu bunyikan dan langsung senarnya angkat ke atas hingga suaranya sama dengan senar 3 fret ke-6, dengan kata lain naik 1/2 nada.

Arti bar ke-2 sama dengan bar ke-1 ( lihat gambar di bawah ).

Umumnya penulisan bending up (bending) seperti pada bar ke-2, yaitu menggunakan simbol anak panah yang melengkung ke atas dan ada angkanya, misalnya 1/2, 1, 1 ½, 2 . Untuk bending 1 nada seringkali ditulis dengan huruf “full”.

Gambar bending up dan bending up and release, lihat gambar di bawah ini.


gambar notasi bending up dan realease pada tab


Pada bar ke-1 artinya senar 3 fret ke 5 bending (angkat) hingga naik 1/2 nada kemudian release (kembali ke awal). Cara memainkannya tekan senar 3 fret ke-5 lalu bunyikan, langsung angkat ke atas hingga suaranya sama dengan fret ke-6, lalu turunkan lagi ke posisi semula.

Pada bar ke-2 artinya sama dengan bar ke-1, hanya beda penulisan saja.

Lihat video di bawah ini supaya lebih jelas.



Saya menggunakan istilah bending up ini agar tidak tertukar dengan bending down. Pasalnya dalam penulisan tab gitar, ada juga yang menggunakan BD ( bending down). Namun pada umumnya jika orang bilang bending artinya bending up. Sementara untuk istilah Bending Down umumnya disebut release. Istilah-istilah ini perlu dihapal agar tidak salah ketika membaca tab gitar.

Teknik bending up ini biasanya digunakan oleh pemain gitar melodi. Teknik ini sering digunakan oleh pemain melodi musik rock. Sebenarnya bending up ini memberi dinamika ketika bermain melodi. Anda yang baru belajar melodi bisa coba, kalau main melodi bagian-bagian tertentu diangkat, namun jangan 1/2 nada atau 1/4 nada, tipis saja. Cara ini lebih terdengar bagus, karena suara yang dihasilkan jadi variatif.

Semoga postingan ini berguna.



NB:

Simbol atau penulisan pada tab gitar terkadang berbeda-beda. Meskipun begitu, tidak berbeda jauh antara yang satu dengan yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Teknik Bending Up dan Release"