Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MIDI Ke Not Balok

Pada saat ini saya akan membahas cara melihat not balok yang ada pada file MIDI. Dengan kata lain kita melihat dalamnya file. Perlu anda tahu bahwa file MIDI ini tidak termasuk file audio tapi file MIDI bisa didengar.

Baiklah kita lihat bagaimana melihat file MIDI.

Sebelumnya anda harus punya software untuk membuka file MIDI. Saya sarankan anda gunakan software musescore, karena software ini merupakan salah satu bahan bahasan dalam postingan saya. Software musescore bagus untuk menulis partitur atau membuat aransemen musik. Saya sarankan musescore karena software ini gratis namun memiliki kemampuan seperti pro. Saya cukup banyak membahas tentang musescore, anda tinggal lihat saja cara menggunakannya.

Jika mau download, silakan kunjungi : musescore.org

Pada musescore yang lama untuk melihat file MIDI caranyanya IMPORT FILE, musescore yang  sekarang bisa langsung buka file MIDI. Jadi caranya mudah tinggal buka file.

Supaya lebih mudah dimengerti , saya sertakan videonya.



Setelah anda melihat video di atas, mungkin anda akan berpikir bahwa melihat notasi balok dari file MIDI akan sangat berguna . Contohnya jika anda ingin belajar drum musik reggae, dan anda tidak tahu beat drumnya, anda bisa mencari beat drum reggae dengan cara browsing dan cari lagu reggae format MIDI. Banyak situs yang menyediakan lagu-lagu format MIDI bisa di-download , gratis.

Semoga postingan ini bermanfaat bagi anda.


NB:

Perlu anda tahu bahwa sampai saat ini belum ada software untuk melihat notasi MP3.

Posting Komentar untuk "MIDI Ke Not Balok"