Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inversi chords / Akor

Inversi chords / akor yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar sehingga akan lebih mudah dimengerti.

Inversi chords / akor artinya pembalikan posisi notasi pada akor atau pembalikan susunan pada akor. Contohnya, akor C memiliki susunan notasi 1, 3, 5. Dalam alat musik gitar berarti 1 ( do ) adalah basnya, 3 (mi) adalah not pembentuk major, dan 5 (sol) adalah not pendukung (ini istilah saya).

Dalam bermain keyboard akor C ini sering dimainkan dengan inversi, jarinya menjadi 5, 1, 3 (urutannya). Tidak ada masalah andai dimainkan dengan cara apapun. Hal penting adalah notasi 1, 3, 5 jangan hilang jika anda bermain akor C.

Jadi boleh dikatakan bahwa inversi ini adalah pembalikan not-not yang berada pada sebuah akor. Fungsi dari inversi ini adalah untuk menghasilkan suara baru dari akor yang bersangkutan dan untuk mempermudah cara memegang akor. Tapi seringkali inversi ini malah dibikin sulit hanya karena menginginkan suara yang berbeda, contohnya dalam musik jazz.

Jika anda ingin melihat inversi dalam akor gitar, silakan anda lihat postingan yang berjudul Chords Jazzy / Akor Jazzy, putar videonya dan lihat akor Dm7 atau E7. Itu adalah inversi dari kedua akor tersebut.

Jika anda tidak melihat video di sana, saya akan sertakan notasi akor C yang saya sebut di atas.

Perhatikan notasi di bawah ini. Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar inversi chord pada not balok


Pada bar ke-1 adalah akor C dengan susunan notasi 1, 3, 5 atau C, E, G

Pada bar ke-2 dirubah susunan notasinya menjadi 3, 5, 1 atau E, G, C

Pada bar ke-3 dirubah menjadi 5, 1, 3 atau G, C, E

Setetelah anda melihat gambar di atas atau melihat video pada postingan yang lain (judul di atas), saya yakin anda mengerti yang saya maksud.p

Semoga postingan ini bermanfaat.



NB:

Umumnya inversi chords ini digunakan untuk mempermudah dalam memegang chords selain itu terkesan lebih keren, katanya.

Posting Komentar untuk "Inversi chords / Akor"