Teknik Hammer On

Teknik gitar Hammer On yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar dan video, sehingga mudah dimengerti.

Teknik hammer on adalah sebuah teknik dalam bermain gitar yang sangat mudah.  Anda yang baru belajar gitar pasti bisa melakukan tehnik ini. Asalkan hanya menggunakan 2 not.
Contoh  tab gitar untuk hammer-on di bawah ini (gambar 1).


Dalam tab gitar hammer on ditulis dengan huruf  h, ditempatkan di antara not angka ( lihat gambar di atas ). Selain itu kadang menggunakan simbol garis lengkung.

Cara memainkan notasi di atas, tekan senar 1 fret ke-5  pakai  jari telunjuk  lalu bunyikan, setelah itu langsung tekan senar 1 fret ke-7 pakai jari manis atau jari tengah.   Intinya sekali membunyikan ada 2 not yang berbunyi, yaitu not pada fret ke-5 dan fret ke-7. Paling penting diperhatikan adalah nilai not tersebut. Setelah membunyikan fret ke-5 lalu kapan jari menekan fret ke-7, ini harus sesuai dengan nilai not yang ada pada partitur. Di sini saya tidak menggunakan partitur lengkap. Tapi tidak apa-apa yang penting anda mengerti maksud dari teknik hammer on ini.

Hammer on secara teori adalah legato ( slur ). Dalam teori musik, legato dilambangkan sebagai garis lengkung yang menghubungkan satu not dengan not lain, notnya bisa berjumlah  2 not atau 3 not, bahkan bisa lebih dari itu. Inti dari legato adalah membunyikan notasi tanpa putus.  Jadi harus nyambung antara not pertama sampai not terakhir.

Jika anda melihat garis lengkung  pada sebuah  tab gitar, itu belum tentu hammer on, karena pull off juga memiliki simbol garis lengkung.

Berikutnya silakan lihat gambar hammer on yang beda sedikit dengan yang di atas, (gambar 2).



Gambar di atas menggunakan 3 not. Cara mainkannya bunyikan 1 kali tapi harus  menghasilkan 3 suara ( 3 not ) - Caranya sama dengan gambar 1. Bunyikan 1 kali fret ke-5 lalu tekan fret ke-7 dan fret ke-8. Supaya lebih jelas,  lihat video di bawah ini sebagai contoh dari gambar 1 dan gambar 2.



Selain nilai not, yang perlu diperhatikan dalam memainkan hammer on ini adalah tempo lagu.  Jika anda salah memainkan nilai notasinya artinya anda salah baca alias gagal. Oleh sebab itu  jangan asal memainkan tapi harus mengerti cara membacanya dengan benar.
Secara teori cara membaca tab gitar dengan membaca not balok adalah sama. Perbedaannya terletak pada simbol-simbol yang digunakan. Singkatnya simbol-simbol pada not balok dengan tab gitar banyak yang berbeda. Selain itu berbeda juga dalam penulisan notasinya.
Sama halnya dengan notasi drum dengan not balok, banyak yang beda, namun secara teori cara membaca kedua notasi tersebut adalah sama.
Semoga postingan ini berguna.

NB:

Saya menggunakan istilah fret untuk kolom gitar, karena orang seringkali menyebutnya fret. Harusnya yang disebut fret itu adalah bagian logamnya.
Bahasa yang salah dalam musik sudah biasa di Indonesia. Contoh lain, chorus seringkali disebut reffrain. Akor C disebut kunci C. Jangan dipusingkan dengan istilah. 
Yang penting anda mengerti yang saya maksud ya. 





Belum ada Komentar untuk "Teknik Hammer On"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel