Teknik Palm Mute

Teknik gitar Palm Mute yang dibahas saat ini. Pembahasan menggunakan gambar notasi dan video, sehingga mudah dimengerti.

Palm mute kalau diartikan secara bahasa  dengan mengacu pada permainan gitar yang pernah saya lihat di youtube, palm artinya telapak tangan dan mute  artinya bisu atau tidak bunyi. Inti dari tehnik ini adalah meredam suara, agar suara yang dihasilkan tidak seperti suara normal. Tehnik ini disebut juga sebagai teknik deep gitar, mungkin karena suara yang dihasilkan terdengar dalam.

Umumnya yang menggunakan palm mute ini adalah gitar ritem, melodi, dan bass. Namun yang paling sering adalah ritem. Sementara musik yang kerap kali menggunakan tehnik ini adalah musik rock dan keluarganya.

Cara memainkannya,  bagian telapak tangan kanan bagian sisi (bukan kidal) menyentuh bridge gitar (tempat tali gitar), dan sebagian menyentuh senar  ( bukan ditekan ).  

Baiklah saya akan coba praktekkan teknik ini.



Pada video di atas, saya menggunakan suara normal kemudian bagian telapak tangan kanan menyentuh bridge gitar, suara berubah menjadi palm mute. Setelah itu saya menggunakan ritem/genjrengan dengan palm mute.

Pada dasarnya palm mute itu (perkiraan saya) berada di tengah-tengah antara suara normal dan tidak bunyi (mute). Bagi anda yang baru belajar tehnik ini, anda harus coba-coba di posisi mana suara paling terdengar bagus. Ini berhubungan dengan posisi telapak tangan dan cara telapak tangan menyentuh senar.

Selain membuat suara lebih dalam, teknik ini juga membuat suara yang dihasilkan lebih bersih dibanding dengan tanpa palm mute. Coba anda praktekkan pada gitar elektrik, maka anda akan mendengar perbedaannya.

Semoga postingan ini berguna.




NB:
Dalam tabulasi gitar ( tab gitar ), palm mute disimbolkan sebagai x atau huruf PM.  Jadi jika anda melihat ada huruf PM (P.M.) atau x itu adalah palm mute.


Belum ada Komentar untuk "Teknik Palm Mute"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel