Teknik Slide Up dan Slide Down

Teknik gitar Slide Up dan Slide Down atau teknik slide gitar yang dibahas saat ini. Pembahasan menggunakan gambar notasi dan video sehingga lebih mudah dimengerti.

Slide up dan slide down adalah sebuah teknik bermain gitar semacam legato ( menyambungkan nada / notasi ). Dalam notasi balok slide up dan slide down diberi tanda garis lengkung. Itu yang pernah saya lihat pada beberapa tab gitar yang ada notasi baloknya. Padahal teknik slide up  lebih dekat dengan glissando, tapi saya tidak akan membahas istilah yang lain bisa kepanjangan.

Dalam tab gitar slide up disimbolkan sebagai garis miring ( / ) disebut slash dan slide down garis miring terbalik ( \ ) disebut backslash.  Jadi garis miringnya berbeda. 
Sekarang saya akan bahas slide up terlebih dahulu. 

Supaya lebih jelas lihat gambar slide up di bawah ini.
  


Perhatikan garis berwarna merah pada bar ke-1 di atas. Itu adalah penulisan dari slide up yang umum pada tab gitar. Cara memainkannya adalah tekan senar 3 fret  ke-5 lalu bunyikan, saat masih berbunyi  jari yang menekan senar itu langsung luncurkan hingga berhenti pada fret  ke-7. Dengan kata lain, sekali membunyikan senar ada 3 not yang terdengar, yaitu not pada fret ke-5, ke-6, danke-7. Yang perlu diperhatikan adalah nilai not yang ditandai itu, jangan asal meluncur.

Pada bar ke-2, ada garis berwarna merah tapi tidak ada angka di depannya. Cara memainkan tab seperti itu, anda bebas menentukan not awal (fret awal),  yang penting harus berakhir pada not senar 3 fret 7. Contohnya anda tekan senar 3 fret ke-2, atau ke-3, atau ke-4, terserah anda. Setelah itu bunyikan dan luncurkan jari anda menuju fret ke-7. Intinya anda meluncurkan jari dari not yang lebih rendah dan berhenti pada fret ke-7, dalam keadaan masih bunyi.

Klik video di bawah ini untuk lebih jelas



Selanjutnya slide down, perhatikan gambar di bawah ini.


Pada bar ke-1 ada garis berwarna merah, itu adalah penulisan slide down yang umum. Cara memainkannya, tekan senar 3 fret ke-7, lalu bunyikan setelah itu luncurkan jari anda ke fret 5, syaratnya harus dalam keadaan masih bunyi. Dengan kata lain anda membunyikan sekali tapi ada tiga not yang terdengar, yaitu not yang berada pada fret 7, fret 6 dan fret 5. Slide down ini kebalikan dari slide up. Kalau slide up ke nada yang lebih tinggi, sedangkan slide down ke nada yang lebih rendah.

Pada bar ke-2, cara memainkannya, anda tentukan not awalnya (harus lebih tinggi dari fret 5 ), lalu bunyikan dan luncurkan ke fret 5, dengan syarat pada saat berhenti pada fret ke-5 masih dalam keadaan bunyi

Putar video di bawah ini untuk melihat contoh.



Teknik slide up maupun slide down merupakan teknik gitar yang mudah, jadi anda akan bisa memainkan kedua tehnik itu. Hanya namanya saja yang keren.

Semoga postingan ini berguna.


NB:
Saya menggunakan kata fret  artinya kolom gitar.  Sebenarnya fret itu adalah logam yang membuat kolom pada gitar. Hanya kebiasaan orang menyebut kolom itu sebagai fret. Di Indonesia banyak istilah musik yang salah penggunaan. Misalnya chorus diartikan sebagai reffrain, padahal chorus dengan reffrain berbeda. Tapi kita sudah terbiasa menyebut reffrain untuk chorus. Pada website luar negeri juga banyak menggunakan kata fret untuk kolom. Yang penting anda mengerti.
Warna merah pada garis hanya untuk memperjelas saja, aslinya tab gitar tidak berwarna merah.




Belum ada Komentar untuk "Teknik Slide Up dan Slide Down"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel