Teknik Tapping

Teknik gitar tapping atau teknik tap yang dibahas kali ini. Pembahasan dilengkapi dengan gambar notasi dan video, sehingga mudah dimengerti.

Tapping adalah salah satu teknik bermain gitar yang dimainkan dengan cara diketuk oleh jari tangan kanan (untuk yang bukan kidal). Umumnya orang menggunakan jari telunjuk dan jari tengah. Tapi ada juga yang menggunakan jari  tengah dan jari manis. Bahkan ada yang menggunakan 4 jari. Kalau disimpulkan tergantung kebutuhan dan tergantung kebiasaan. Tetapi kalau mau dianalisis, yang paling baik adalah jari telunjuk dan jari tengah, karena kedua jari itu lebih besar tekanannya dibandingkan dengan jari manis dan kelingking. 

Dalam bermain tapping ini ada 2 cara :

Pertama  : bermain tapping tanpa  legato
Maksudnya bermain tapping tanpa menggunakan variasi legato.  Dengan kata lain langsung mengetuk fret. Jadi tidak ada variasi seperti tapping pada umumnya yang kental dengan tehnik pull off dan hammer on.

Kedua : bermain tapping dengan legato.
Ini adalah tapping yang biasa digunakan banyak orang. Tapping ini adalah gabungan 3 tehnik, yaitu hammer on, pull off dan tapping (ketukan).

Saya akan bahas tapping yang kedua ini,  lihat tab gitar di bawah ini.


Pada tab gitar,  tapping diberi ( disimbolkan ) huruf T atau t.

Perhatikan bar ke-1,
Tapping (ketuk) dimulai pada fret ke-12, kemudian lakukan pull off dari 12 ke fret 7 lalu ke fret ke-5.

Perhatikan bar ke-2
Tapping dilakukan pada fret ke-12, kemudian lakukan PO (pull off) ke fret 5, lalu lakukan HO (hammer on) pada fret ke-7

Lihat video di bawah ini supaya lebih jelas.




Pada video di atas saya sengaja menarik senar dulu ( lihat tab pada bar ke-1 ). Saya menarik senar pada fret ke-12 dan fret ke-7. Tujuannya agar suara tidak hilang dan tetap terdengar keras. Jika tidak ditarik maka tidak akan bisa bersuara dengan keras. Jadi tapping ini tidak mengandalkan ketukan saja, meskipun tapping berarti ketukan. Posisi tangan saya dalam video sengaja begitu, agar anda tahu bahwa senar ditarik. Pada umumnya jika orang melakukan tapping posisi jarinya sejajar dengan senar, sehingga cara menarik senarnya tidak terlihat. Bagi orang yang baru belajar gitar mungkin akan berpikir bahwa caranya diketuk, padahal aslinya diketuk dan ditarik.

Pada video (lihat tab pada bar ke-2), Saya ketuk sambil tarik (jadi pull off ke fret 5) lalu lakukan hammer on ke fret 7.
Secara garis besar  yang ada didalam video itu adalah cara membaca tab gitar di atas. Hanya diberi tambahan tentang menarik senar dan ada yang saya rubah sedikit.
Hal terpenting dalam tapping itu bukan cara melakukan tapping, tapi membaca not-notnya harus betul. Dalam musik yang diutamakan bukan gaya, tapi suara.

Saya tidak punya gitar elektrik dan sound effect, jadi saya menggunakan gitar akustik dan caranya ditarik senanrnya. Mungkin kalau pakai gitar elektrik dan sound effect tidak perlu ditarik. Pasalnya gitar elektrik itu kan lebih peka. 

Semoga postingan ini berguna.




NB:

Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar.












Belum ada Komentar untuk "Teknik Tapping "

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel