Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Arpeggio Chords

Teknik gitar Arpeggio Chords yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar notasi dan video, sehingga lebih mudah dimengerti.

Arpeggio bisa diartikan membunyikan not-not yang ada pada chords secara satu per satu. Contohnya chords C memiliki not-not sebagai berikut : C, E, G ( do, mi, sol ), jika kita mainkan arpeggio nada C maka yang kita mainkan adalah not C, E, G.

Umumnya arpeggio disimbolkan seperti anak panah ke atas dengan garis seperti gerigi (untuk arpeggio tinggi), sedangkan untuk arpeggio rendah disimbolkan sebagai anak panah ke bawah. Supaya lebih jelas lihat gambar di bawah ini.


gambar notasi arpeggio pada tab


Arppegio biasanya dimainkan dengan cepat. Jadi jika anda melihat tanda seperti di atas, artinya bunyikan senar dari atas ke bawah (semakin tinggi) untuk arpeggio ke atas dan untuk arpeggio ke bawah mainkan/bunyikan senar dari bawah ke atas.

Jika anda mainkan dengan gitar arpeggio ke atas (lihat gambar), pegang akor C, bunyikan senar secara berurutan dari atas (not C rendah) sampai ke bawah (not C tinggi), hanya 4 senar yang dibunyikan. Sebaliknya jika anda mainkan arpeggio ke bawah (lihat gambar), anda bunyikan dari bawah not C tinggi menuju not C rendah, hanya 4 senar.

Klik video di bawah ini untuk mendengar arpeggio tersebut.



Teknik arpeggio umumnya dimainkan dengan cepat, namun sebetulnya bergantung pada nilai not dan tempo musik / lagu. Dalam musik, teknik apapun harus sesuai dengan nilai not dan tempo.

Semoga postingan ini berguna.



NB:

Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar dan saya akan membalas secepatnya.

Posting Komentar untuk "Teknik Arpeggio Chords"