Teknik Artificial Harmonics

Teknik gitar Artificial Harmonics yang dibahas kali ini. Pembahasan dilengkapi  video sehingga lebih mudah dimengerti.

Artificial harmonics adalah salah satu teknik bermain gitar yang umumnya digunakan oleh  pemain gitar  yang bukan pemula.  Boleh dibilang teknik ini  termasuk  agak sulit. Tapi kalau kita perhatikan teknik ini sebenarnya tidak beda jauh dengan natural harmonics, sama-sama membutuhkan “feeling”.

Cara memainkannya begini,
Gunakan jari telunjuk (tangan kanan)  untuk menyentuh senar dan jari manis memetik senar  (tangan kanan).  Dalam menyentuh dan memetik senar harus bersamaan setelah itu segera angkat (menjauhi senar). Dalam penggunaan jari tidak harus jari telunjuk dengan jari manis, bisa saja pakai jari telunjuk dengan jari tengah atau jari kelingking,  pilih yang paling nyaman.

Suara yang terbaik untuk teknik ini adalah yang jaraknya 1 oktaf.
Contohnya, anda menggunakan senar ke-1  lepas (not E), jari telunjuk sentuh fret ke-12  (not  E) dan bunyikan pakai jari manis. Suara yang dihasilkan harus nyaring - cenderung seperti  suara piano jika pakai gitar akustik senar nilon.
Contoh lain,  jari tangan kiri menekan senar 1 fret ke-1 (not F),  jari telunjuk tangan kanan  menyentuh senar 1 fret ke-13 (not F) dan jari manis membunyikan senar.
Supaya lebih jelas lihat contohnya pada video di bawah ini.




Dalam video di atas, saya menggunakan senar lepas ke-1 (senar E), ke-2 dan ke-3. Kemudian saya menggunakan senar tekan, maksudnya menekan senar pada akor Bb. Apapun bentuknya, mau dilepas atau ditekan yang penting jaraknya 1 oktaf.
Selain itu usahakan jari yang memetik senar memiliki kuku agar suaranya lebih bagus.

Teknik artificial harmonics  seringkali dimainkan oleh pemain gitar klasik. Namun belakangan teknik ini seringkali dimainkan oleh musik yang lain.
Dalam video itu saya hanya mempraktekkan caranya, mengenai suaranya mungkin kurang. Terpenting anda mengerti dan tahu teknik artificial harmonics.

Semoga postingan ini berguna.



NB:

Dalam tab gitar artificial harmonics ditulis dengan  huruf AH atau A.H. 

Belum ada Komentar untuk "Teknik Artificial Harmonics "

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel