Teknik Natural Harmonics

Teknik gitar Natural Harmonics yang dibahas kali ini. Pembahasan dilengkapi dengan video sehingga mudah dimengerti.

Natural harmonics adalah salah satu teknik bermain gitar. Umumnya cara ini digunakan pada permainan gitar klasik. Inti dari teknik ini adalah membuat suara berbeda dengan suara aslinya. Contohnya seperti suara piano jika menggunakan gitar klasik senar nilon.

Cara memainkan teknik natural harmonics adalah menggunakan tangan kiri untuk menyentuh senar (bukan menekan)  lalu tangan kanan memetik senar itu (bukan kidal).  Umumnya menggunakan jari kelingking atau jari manis untuk menyentuh senar. Dalam teknik ini dibutuhkan sedikit “feeling” ketika menyentuh senar. Mungkin bagi yang baru belajar gitar akan kesulitan untuk melakukan teknik ini. Tetapi jangan berpikir teknik ini sulit. Sebenarnya tidak sulit. Hanya perlu latihan saja.

Dalam teknik natural harmonics senar gitar dalam keadaan dilepas. Artinya tidak menekan senar seperti pegang akor atau main melodi.
Cara terbaik dalam melakukan teknik ini adalah harus bersamaan saat menyentuh senar dan memetik senar setelah itu cepat-cepat jari yang menyentuh senar segera angkat ( menjauh dari senar ).

Supaya lebih jelas lihat video di bawah ini.




Saya menggunakan fret ke-12 (maksudnya kolom 12) dalam video, alasannya pada fret itulah suara paling nyaring (paling bagus), sedangkan pada fret lain kurang bagus. Jika kita hitung jarak antara senar lepas dengan fret ke-12,  hasilnya fret ke-12 lebih tinggi 1 oktaf. Oleh sebab itu jarak yang terbaik untuk tehnik natural harmonics adalah 1 oktaf atau kelipatan 1 oktaf.

Keterangan :
Pada senar 1 jika dilepas adalah not E, lalu mainkan natural harmonics pada fret ke-12 maka menjadi not E lebih tinggi 1 oktaf dari senar lepas, meskipun suaranya cenderung seperti suara piano.
Pada senar 2 lepas (not B), lalu mainkan natural harmonics fret  ke-12, hasilnya menjadi not B yang lebih tinggi  1 oktaf dari senar lepas.
Pada senar 3 lepas (not G), lalu mainkan natural harmonics fret  ke-12, hasilnya menjadi not G lebih tinggi 1 oktaf dari senar lepas.

Perlu digarisbawahi bahwa tidak semua fret bisa digunakan untuk teknik natural harmonics, alasannya suara yang dihasilkannya  tidak bagus. Jadi hanya fret-fret  tertentu yang menghasilkan suara yang bagus. Agar anda tahu hal ini, silakan anda coba secara berurutan pada gitar anda.

Perhatikan video di atas tentang fret ke-7.
Suara pada fret ke-7 (tepat di atas logam itu) memang bagus. Pertanyaannya  itu not apa ? Contohnya untuk senar 1 jika dibunyikan tepat di atas fret 7 (logamnya). Apakah itu not B atau not C ? karena posisinya tepat di tengah kolom B dan C.
Saya sengaja membahas ini karena banyak orang yang bikin tutorial dengan cara menyentuh fret 7 (persis di atas logam).  Tapi mereka tidak menjelaskan itu not apa. Bisanya cuma membunyikan saja.  Maksud saya jangan hanya meniru, tapi harus sambil mengerti. 

Teknik natural harmonics ini biasanya digunakan pada permainan gitar klasik, namun belakangan ini seringkali digunakan oleh pemain fingerstyle, bahkan musik lain pun menggunakan teknik ini sebagai variasi atau bergaya saja.

Semoga postingan ini berguna.



NB:
Penulisan natural harmonics pada tab gitar adalah NH atau harm. Untuk simbolnya menggunakan tanda < >, misalnya < 12 > artinya pada kolom 12 lakukan natural harmonic.


Belum ada Komentar untuk "Teknik Natural Harmonics"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel