Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Tapped Harmonics

Teknik gitar Tapped Harmonics atau Tap Harmonics dibahas kali ini. Bagi anda yang menyukai tehnik gitar silakan simak uraian ini.

Tapped harmonics adalah salah satu teknik bermain gitar dengan menggunakan 2 variasi atau 2 kombinasi, yaitu tapping (ketuk) dan natural harmonics. Dalam musik rock teknik ini seringkali digunakan.

Cara memainkan teknik ini adalah jari tangan kiri menekan senar dan jari tangan kanan mengetuk / membunyikan senar. Jarak yang terbaik antara jari tangan kanan menekan senar dan jari tangan kiri mengetuk / membunyikan senar adalah 1 oktaf. Dengan kata lain jika anda ingin memainkan teknik ini hanya tinggal tekan senarnya lalu tap (ketuk) pada jarak 12 fret atau 1 oktaf. Tidak ada yang sulit dengan tehnik ini. Jika masih belum mengert (bagi anda yang baru buka postingan ini), silakan baca dulu postingan yang berjudul Teknik Tapping dan Teknik Natural Harmonics.

Dalam teknik ini ada sebuah perbedaan atau pendapat, ada yang berpendapat bahwa tapping pada teknik ini harus di atas fret (persis di atas logamnya), kalau tidak di atas fretnya maka akan kehilangan suara dari teknik ini. Sementara itu ada yang berpendapat bahwa untuk teknik ini tapping dilakukan bukan di atas fretnya ( bukan di atas logamnya).

Jika anda menonton video di youtube mungkin anda akan melihat yang saya sebutkan di atas, ada yang tapping di atas logam dan ada yang bukan di atas logam. Sebenarnya yang betul yang mana ?

Baiklah kita bahas sedikit tentang perbedaan ini.

Dalam gitar setiap kolom atau fret memiliki frekuensi masing-masing. Untuk membuktikan bahwa mana yang benar maka kita harus menguji frekuensinya. Saya sarankan anda membaca postingan saya yang berjudul Menguji Gitar Fals Atau Tidak. Dalam postingan itu ada tabel frekuensi gitar. Singkatnya tabel frekuensi gitar itulah yang akan menjadi pedomannya. Setelah itu pastikan anda memiliki tuner yang ada frekuensinya. Jika anda belum punya,; anda bisa menggunakan ponsel anda yang android, lalu download tuner yang ada frekuensinya di Play Store, gratis.

Selanjutnya anda coba tapping yang di atas fret dan tapping yang bukan di atas fret. Berapa frekuensinya dan cocokkan frekuensi itu dengan not pada tabel frekuensi. Jika frekuensinya tidak sama atau selisih banyak dengan frekuensi yang ada pada tabel artinya tapping itu fals. Kemungkinannya tapping tepat di atas logam adalah fals.

Maksudnya begini, anda jangan asal meniru tehnik orang lain tanpa mengerti. Jangan asal mencontek. Musik itu tidak mengutamakan gaya tapi mengutamakan suara. Sehebat apapun gayanya jika suaranya fals, itu sama dengan gagal atau salah.

Tapping di atas logam itu memang bagus dan suaranya juga bagus. Pertanyaannya itu not apa ? Contohnya, senar 1 jika dibunyikan tepat di atas fret 7 (logamnya). Apakah itu not B atau not C ? karena posisinya tepat di tengah kolom B dan C. Inilah yang harus kita mengerti.

Saya sengaja membahas ini karena banyak orang yang bikin tutorial dengan cara menyentuh fret 7 (persis di atas logam). Tapi mereka tidak menjelaskan itu menjadi not apa.

Secara pribadi kalau saya disuruh memilih, maka saya lebih pilih tapping di kolom ( ruas ) daripada tepat di logamnya. Tapping di atas logamnya itu ada risiko fals sementara tapping di ruasnya dijamin tidak fals. Lagi pula secara bahasa tapped harmonics adalah mengetuk yang harmonik.

Sekali lagi dikatakan bahwa tapped harmonics ini gabungan dari tapping dan natural hamonics, oleh sebab itu kenapa harus tapping logamnya, kecuali kalau ada harmonics yang membunyikan fret ( bagian logamnya ). Tapi siapa tahu suatu saat nanti ada harmonik yang membunyikan logamnya.

Semoga postingan ini berguna.