Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aransemen Lagu Closer

Pada saat ini saya ingin memposting sebuah lagu yang 2 atau 3 tahun lalu sempat booming. Judul lagu “closer” dari Chainsmoker. Bagi anda penggemar “musik barat” terutama EDM ( Elektronic Dance Music ) pasti kenal lagu tersebut.

Dalam postingan ini saya ingin menerangkan bahwa lagu closer itu dibuat dengan genre EDM, lalu saya ganti musiknya menjadi musik yang lebih nge-pop. Selain itu saya merubah chords-nya atau akornya. Jika anda tahu chords asli lagu closer lalu anda bandingkan dengan aransemen yang saya buat, mungkin anda berpendapat bahwa ternyata chords / akor bisa dirubah hampir semuanya.

Intisarinya bahwa kita jangan terfokus pada chords orang lain, sebaiknya belajar bikin chords sendiri dengan variasi sendiri. Untuk itu, tentu saja harus mengikuti aturan teori musik yang berlaku.

Saya membuat musik di bawah ini menggunakan aplikasi musescore kemudian saya impor ke FL Studio versi 12. Setelah itu saya mixing sedikit, lalu jadikan file MP3.

Silakan anda dengar musiknya,



Saya tidak menyertakan partitur / aransemen lagu tersebut di atas karena filenya memiliki 20 halaman, terlalu panjang jika ditampilkan di halaman ini.

Semoga anda menyukai lagu ini.




NB:

Saya berharap postingan ini menjadi penyemangat atau inspirasi bagi anda yang sedang belajar membuat musik.

2 komentar untuk "Aransemen Lagu Closer "

  1. Bisa ngak FL studio untuk bikin musik EDM ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa asalkan ada plugin untuk alat musik yang biasa dipakai musik EDM.

      Hapus

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.