Chords Yang Unik ( Akor )

Jika anda pemain gitar atau keyboards atau alat musik pengiring yang menggunakan ritem ( genjrengan ) tentu tidak asing dengan chords.
Di dalam chords ada 2 macam yang menurut saya unik ( lain daripada yang lain ).

Pertama  :
Power chords, keunikan dari power chords adalah memiliki 2 not, sementara chords yang lainnya memiliki paling sedikit 3 not.  Dalam power chords  2 not tersebut adalah  not  1 ( Do) dan 5 ( Sol ). Kalau dalam chords C berarti notasinya C ( Do ) dan G ( Sol ).  Lihat gambar di bawah untuk melihat power chords dalam alat musik gitar.
Keunikan lainnya adalah  power chords bisa disandingkan dengan chords minor dan major. Jika anda bermain dalam chords major maka teman anda bisa memainkan power chords untuk chords major tersebut. Misalnya anda bermain chords G dan teman anda bermain power chords G, ini tidak masalah.  Kemudian jika anda bermain Chords G minor dan teman anda bermain power Chords G, juga tidak masalah. Tetapi power chords bukanlah chords major maupun minor.
Power chords bisa disandingkan dengan chords minor, major  dan dominant  tetapi tidak bisa disandingkan dengan chords diminished dan augmented. Jika anda ingin tahu lebih tentang chords, silakan baca postingan yang berjudul Mengerti Chords / Akor.
Gambar power chords dalam chords C.



Power chords ini biasanya digunakan pada musik rock. Dengan menggunakan power chords memindahkan  chords akan lebih mudah jika berpindah cepat. Biasanya power chord ini untuk ritem / genjrengan. Cara menggenjrengnya seringkali menggunakan  Teknik Palm Mute. Silakan klik jika ingin tahu teknik itu.

Kedua :
Chords diminished 7, keunikan dari chords ini adalah jika kita mainkan chords Cdim7 misalnya, lalu kita naikkan 1 1/2 ( satu setengah ) atau turunkan 1 1/2 nada, maka hasilnya akan sama dengan dengan Cdim7. Perbedaannya hanya terletak pada posisinya - semacam  inversi chords.

Lihat gambar chords Cdim 7 di bawah ini.



Yang berwarna putih itu adalah chords Ebdim 7 tapi bisa juga disebut Cdim7, F#dim7 dan Adim7. Susunan notasinya dari atas (bas) ke bawah sebagai berikut : Eb, A, C  dan F#.
Yang berwarna merah susunan notasinya dari atas (bas) ke bawah : F#, C,  Eb, dan A
Yang berwarna hijau susunan notasinya dari atas (bas) ke bawah : A, Eb, F# dan C
Yang berwarna kuning susunan notasinya dari atas (bas) ke bawah : C, F#, A, dan Eb

Perhatikan semua notasinya, semuanya memiliki 4 not yang sama.
Jika anda bermain musik kemudian ada chords Cdim7 maka anda juga bisa mengganti chords itu dengan Adim7.  Singkatnya pilih yang paling dekat.

Chords diminished 7 ini salah satu chord kesukaan saya karena chord ini bisa dijadikan sebagai Chord Substitusi sekaligus bisa digunakan sebagai passing chord. 

Semoga anda mengerti.


Belum ada Komentar untuk "Chords Yang Unik ( Akor )"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel