Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aransemen Lagu Despacito

Aransemen lagu Despacito yang di-posting kali ini. Dilengkapi dengan gambar notasi dan audio / video sehingga lebih mantap untuk disimak.

Untuk mengaransemen lagu, kita harus mendengar musik dari lagu aslinya. Setelah itu kita rasakan dan tentukan kira-kira bagusnya diberi musik apa. Selain itu kita juga harus tahu arti dari lirik lagu yang bersangkutan. Jangan sampai liriknya sedih lalu musiknya gembira.

Saya tidak tahu arti dari lagu despacito, tapi saya pernah baca sepintas di internet – liriknya “untuk orang dewasa.”

Beberapa versi yang saya dengar dari musik despacito ini, boleh dibilang ada unsur reggaenya. Jadi saya pun akan membuat aransemen musik tidak beda jauh dengan mereka. Perbedaannya saya membuat aransemen ini menggunakan aplikasi gratisan yakni musescore. Ini sebuah aplikasi yang saya suka karena gratis. Meskipun gratis tetapi memiliki fasilitas yang bagus.

Musescore bisa dijadikan aplikasi untuk belajar musik ( amatir ) hingga proffesional. Aplikasi ini bisa dikombinasikan dengan aplikasi DAW, nantinya akan menghasilkan suara yang berkualitas. Saya jadi promosi tentang musescore padahal tidak kenal pemiliknya. Langkah saat saya bikin musik ini.

Pertama : Saya masukan ritem reggae yang ada pada postingan Ritem Musik Reggae (variasia 2).

Kedua : Saya masukan beat drum bikinan sendiri, hanya menggunakan snare drum dan bas drum.

Ketiga : Saya masukan bas pop.

Saya tidak menggunakan banyak alat musik, oleh sebab itu saya sebut aransemen sederhana.

Tujuan saya membuat aransemen ini hanya sebagai penyemangat bagi orang-orang yang belajar musik. Bagi anda yang sudah cukup mengerti beberapa alat musik ada baiknya belajar aransemen pakai musescore. Kemudian Jika anda punya lagu ciptaan, anda bisa membuat musiknya pakai musescore. Akhirnya bisa menjadi musik instrumentalia dalam bentuk file MIDI atau MP3.

Saya tidak akan membahas rincian dari aransemen lagu di atas, hasilnya seperti di bawah ini.



Semoga postingan ini bermanfaat.