Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Stem Gitar Bas Elektrik

Saat ini saya akan membahas cara stem gitar bas elektrik 4 senar, gitar bas 5 senar dan gitar bas 6 senar menggunakan aplikasi tuner dan frekuensi. Tujuannya agar suara bas semakin bagus dan akurat.

Perlu anda tahu bahwa gitar bas elektrik standard memiliki 4 senar - ini adalah bas yang umum. Dari kemunculannya sampai sekarang masih dipergunakan. Meskipun demikian sekarang bas 5 senar lebih diminati, dengan sendirinya bas 4 senar mulai ditinggalkan. Mari kita lihat bahasan di bawah ini.

Pertama :

Gitar bas 4 senar, lihat gambarnya di bawah ini (Klik gambarnya untuk memperbesar).


gambar gitar 4 senar elektrik


Susunannya dari bawah ke atas G, D, A, E ( senar lepas )

Cara stem gitar bas ini bisa menggunakan “feeling” bisa juga menggunakan aplikasi tuner. Di sini akan menggunakan aplikasi tuner ( ini lebih akurat ) merupakan cara terbaik.

Di bawah ini salah satu contoh aplikasi tuner gratisan dari Play Store.


gambar tuner bas gitar elektrik


Cara menggunakan, buka dan dekatkan aplikasi tuner dengan speaker gitar bas (aktif), lalu bunyikan senar ke-1. Lihat nada yang ada dalam aplikasi tuner. Jika nadanya (penunjuknya) berada pada huruf G artinya senar sudah standard. Jika nadanya belum standard, setel perlahan-lahan sampai senarnya (penunjuknya) berada pada huruf G. Selanjutnya senar ke-2 setel sampai nadanya (penunjuknya) berada pada huruf D. Berikutnya senar ke- 3 nadanya ( penunjuknya) sampai huruf A dan senar ke-4 hingga huruf E.

Jadi begitulah cara stem gitar yang paling baik, namun jika anda ingin stem lebih akurat. Gunakan sistem frekuensi. Lihat di bawah ini tabel frekuensi.


gambar tabel frekuensi bas elektrik


Caranya anda tinggal lihat bagian Hz pada aplikasi tuner saat stem gitar bas - sesuaikan dengan tabel yang ada di atas. Mungkin aplikasi tuner tidak bisa sampai 3 angka dari belakang ( 3 desimal ), jika begitu bulatkan saja. Misalnya 130,813 Hz menjadi 131 Hz dan 97,999 Hz menjadi 98 Hz dan seterusnya.

Kedua :

Gitar bas 5 senar lihat gambarnya di bawah ini.


gambar gitar 5 senar elektrik


Susunannya dari bawah ke atas G, D, A, E, B ( senar lepas ).

Cara menyetem gitar 5 senar sama dengan gitar bas 4 senar, bedanya pada senar paling atas ditambah bas B dengan frekuensi 30,868 Hz.

Ketiga :

Gitar bas 6 senar (tidak ada gambarnya).

Susunannya dari bawah ke atas C, G, D, A, E, B ( senar lepas ).

Cara stem gitar bas 6 senar sama dengan gitar bas 4 senar , bedanya ditambah bagian atas bas B dan bagian bawah bas C. Lihat frekuensinya pada tabel di atas.

Semoga bermanfaat.



NB:

Jika ada yang belum jelas, silakan sampaikan pada kotak komentar.

Posting Komentar untuk "Cara Stem Gitar Bas Elektrik"