Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Gitar Bas Elektrik

Gitar bas elektrik pertama kali diciptakan oleh Paul Tutmarc dari Seattle, Washington – sekitar tahun 1930-an. Kemudian pada tahun 1950-an Leo Fender mengembangkan gitar bas elektrik. Jadi boleh dibilang ada 2 tokoh penting dalam hal gitar bas elektrik ini.

Baiklah sekarang kita lihat bagian dari gitar bas elektrik standard, di bawah ini.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar bagian bas gitar elektrik


Perlu diketahui, penamaan bagian gitar bas ini tidak seragam, oleh sebab itu jika ada perbedaan dengan yang lain ( website lain ) harap maklum. Saya tidak menjelaskan bagian gitar bas di atas karena saya pikir sudah jelas.

Selanjutnya kita lihat nada yang ada pada gitar bas ini.


gambar posisi nada pada bas gitar elektrik


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Keterangan :

Pada gitar bas jika senarnya dilepas, susunan nadanya adalah G, D, A, E, ( dari bawah ke atas ). Maksudnya senar ke-1 = G, senar ke-2 = D, senar ke-3 = A, senar ke-4 = E.

Senar bas memiliki interval atau jarak nada sebagai berikut:

Bas C ke D = 1 nada

Bas D ke E = 1 nada

Bas E ke F = 1/2 nada

Bas F ke G = 1 nada

Bas G ke A = 1 nada

Bas A ke B = 1 nada

Bas B ke C = 1/2 nada


Jika bas ( not ) yang memiliki jarak 1 nada kemudian naik ½ nada maka akan diberi tanda kres ( # ). Contoh, jika bas F naik 1/2 nada maka akan menjadi F#. Jika G naik 1/2 nada maka menjadi G#. Lihat gambar ada tanda kres (#) pada senar paling atas, tepatnya pada bas F dan G.

Selain itu, dalam musik ada juga tanda mol ( b ) artinya turun 1/2 nada. Jika bas A turun 1/2 nada maka akan menjadi Ab (A mol).

Perlu diketahui, bahwa A mol = G # jadi dalam 1 nada memiliki 2 sebutan. Kemudian bagi anda yang belum tahu bahwa dalam musik E ke F dan B ke C jaraknya hanya 1/2 nada. Oleh sebab itu tidak ada istilah E# atau B#.

Gitar bas elektrik sekarang ini memiliki jumlah senar yang berbeda-beda. Kalau dulu gitar bas hanya memiliki 4 senar, sekarang ini ada yang 5 senar sampai dengan 11 senar, bahkan saya pernah melihat yang senarnya sebanyak 15 ( di youtube ). Namun bagaimana dengan frekuensinya karena jika frekuensinya terlalu rendah maka suaranya tidak akan terdengar jelas.

Sebaiknya anda baca postingan yang berjudul Cara Stem Gitar Bas Elektrik, di sana ada tabel frekuensi bas, dengan melihat tabel frekuensi maka kita bisa menyimpulkan bahwa gitar bas 15 senar bisa berfungsi dengan baik atau tidak.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Gitar Bas Elektrik"