Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Genjrengan Rock and Roll Pada Gitar

Genjrengan musik Rock and Roll pada alat musik gitar yang di-posting kali ini. Dilengkapi dengan gambar dan video sehingga mudah dimengerti.

Ada 2 cara untuk belajar genjrengan rock and roll :

Pertama, anda dengar lagu rock and roll dari kaset/ CD, jika suara genjrengannya terdengar, anda tinggal meniru.

Kedua, anda dengar lagu rock and roll dari kaset / CD, jika suara genjrengannya tidak terdengar maka yang harus dilakukan adalah mengikuti ketukan drum ( beat drum ).

Saya akan bahas cara kedua, sebagai gambaran saya sertakan notasi drum rock and roll 2 macam. Lihat notasi drum di bawah ini.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar notasi bas drum rock n roll pada not balok


Jika anda belum tahu cara membaca notasi drum, silakan baca postingan yang berjudul Cara Membaca Not Drum, jika anda ingin mendengar suara notasi drum di atas, klik video di bawah ini.



Jika ingin tahu cara penerapan genjrengan di atas pada gitar, dengar video di bawah ini.



Lagu video di atas berjudul Boy dari The Beatles. Saya ambil sebagian lagu itu untuk menerapkan contoh notasi bar pertama ( bagian paling atas ).

Kesimpulannya, ikuti ketukan drumnya, cara bermainnya tidak harus sama dengan yang saya praktekkan . Terpenting, bas drum sama dengan bagian senar atas gitar dan snare drum sama dengan bagian senar bawah gitar, begitu cara mengikuti ketukan drumnya.

Semoga bermanfaat.