Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Genjrengan Reggae Pada Gitar

Pada saat ini saya akan membahas tentang genjrengan musik reggae (ritem musik reggae) dengan menggunakan gitar. Genjrengan reggae umumnya dibunyikan setelah ketukan masuk. Contohnya begini, jika sebuah lagu tanda sukatnya 4/4 (biramanya) dan temponya 60 artinya setiap ketuk berdurasi 1 detik. Dalam musik reggae, genjrengan dimainkan setelah ½ detik dari ketukan pertama, kedua, dan seterusnya. Dengan kata lain jika ada 4 ketuk, pada ketukan ke-1 dibunyikan setelah ½ detik, ketukan kedua pun dibunyikan setelah ½ detik.

Bagi anda yang belum tahu tanda sukat 4/4 dan tempo, saya jelaskan sedikit di bawah ini.

Tanda sukat 4/4 artinya setiap bar memiliki 4 ketuk, bagi anda yang ingin tahu lebih detail silakan anda membaca postingan Tanda Sukat dalam kategori Teori Musik Dasar yang terletak di sebelah samping.

Tempo 60 artinya 60 BMP ( beat per minute ), maksudnya ada 60 ketuk dalam 1 menit. Jika temponya 70 artinya ada 70 ketuk dalam 1 menit. Lebih detail tentang tempo, silakan buka postingan yang berjudul l Tempo Musik.

Baiklah supaya lebih jelas lihat video di bawah ini.



Dalam video di atas ada 2 macam genjrengan reggae. Sesungguhnya genjrengan reggae itu banyak, anda bisa melihat di website/blog lain atau di youtube. Namun esensi genjrengan reggae adalah dibunyikan / dimainkan setelah ketukan masuk, contohnya pada genjrengan ke-1 (genjrengan standard reggae). Jika anda bermain musik reggae – lagu apapun yang anda mainkan maka genjrengan ke-1 itu akan cocok. Dengan kata lain genjrengan ke-1 itu bisa digunakan untuk semua lagu reggae.

Dalam memainkan genjrengan reggae tidak harus seperti di atas ( menggunakan 3 jari ), anda bisa gunakan pick (claber) atau jari telunjuk anda. Saya lebih suka menggunakan 3 jari karena suaranya lebih bersih.

Hal lain dalam genjrengan reggae adalah gunakan akor yang senarnya bukan senar lepas. Jadi usahakan anda menggunakan akor gitar yang senarnya tidak dilepas. Alasannya jika menggunakan senar lepas maka suaranya kurang bagus. Tapi bukan berarti tidak boleh. Musik itu tergantung selera, jika anda ingin menggunakan senar lepas, tidak apa-apa.

Pada video di atas ada 2 jenis tempo yakni tempo 60 dan 86, supaya lebih mengerti dalam penerapannya saya mainkan tempo 86 , lagu Sarinande di bawah ini.



Pada lagu di atas saya rubah akornya, sehingga akornya menjadi sederhana, dan saya tambahkan bas agar lebih enak didengar.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Genjrengan Reggae Pada Gitar"