Tehnik Bermain Bas Gitar

Postingan ini membahas tehnik bermain  gitar bas yang sering digunakan, seperti  tehnik slap dan pop, tehnik picking, tehnik  palm-muting ( palm mute ), tehnik fretting, tehnik two handed tapping, tehnik strumming dan tehnik chucking. Disertai video sehingga mudah dimengerti.

Tehnik Slap dan Pop.
Slap menggunakan bagian pinggir jempol  dipukulkan ke senar  seperti menampar / memukul,  sedangkan pop itu menarik senar dari bawah ke atas, biasanya menggunakan jari telunjuk atau tengah, tujuannya agar tenaganya lebih besar.

Tehnik Picking
Ini cara membunyikan senar dengan picking ( plektrum ).  Jika anda menggunakan plektrum,  pilihlah yang tebal dan lebar agar suara yang dihasilkan lebih mantap. Cara memainkannya bisa dari bawah ke atas atau sebaliknya. 

Tehnik Palm-muting
Tehnik ini menggunakan telapak tangan menyentuh sedikit jembatan senar,  memetik senarnya bisa pakai plektrum atau pakai jempol. Inti dari tehnik ini suara yang dihasilkannya agak beda. Asal tahu saja,  dalam ritem (genjrengan) pun ada tehnik palm-muting.

Tehnik Fretting 
Ini membunyikan senar pada fret ( bagian logam ) yang ada pada leher gitar. Caranya dengan menekan logam ( fret ) lalu bunyikan. Permasalahannya ketika seorang pemain bas melakukan tehnik fretting, tahukah fret itu memiliki frekuensi berapa Hz ? Jika anda mau bermain tehnik fretting sebaiknya anda mengerti tentang frekuensi yang ada pada fret itu. Pasalnya frekuensi itu yang membedakan antara nada satu dan nada lain. Jangan asal meniru, sebaiknya mengerti dulu.

Tehnik Two-handed Tapping
Ini merupakan tehnik tapping, caranya mengetuk senar pakai  jari, umumnya jari telunjuk dan  jari tengah, menggunakan  tangan kanan ( bukan kidal ) dan tangan kiri memegang chords juga mengetuk senar. 

Tehnik Strumming
Tehnik ini memainkan bas dengan cara digenjreng, harus dipegang chords-nya atau unsur –unsur not yang ada pada chords bersangkutan.  Lebih bagus jika  divariasikan dengan petikan bas.  

Tehnik Chucking
Tehnik membunyikan bas dengan cara menggunakan 2 jari, ibu jari dan telunjuk. Cara memainkannya seperti pada ritem, dimainkan dengan cara naik turun. Yang membunyikan jari telunjuk, posisi jarinya seperti anda sedang memegang plektrum.

Supaya anda memiliki gambaran tentang bahasan di atas, silakan lihat video di bawah ini.





Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar.
Semoga postingan ini bermanfaat.




NB:
Video yang menggunakan gitar bas elektrik saya ambil dari youtube, maklum saya tidak punya gitar bas elektrik. Jika menggunakan gitar akustik maka agak sulit karena jarak senar agak rapat dan juga suaranya tidak enak. Semoga postingan ini bisa dijadikan referensi untuk memperluas tehnik bermain bas gitar.




Thanks to

CoverSolutions Channel ( Lesson #2 :  slap and pop )
for more complete video https://www.youtube.com/watch?v=Q1rPACEUZjc

Stuart Clayton Channel (  two handed tapping study )
for more complete video https://www.youtube.com/watch?v=-DUgxunrxZU

Franklin Peredo Channel ( bass strumming )
for more complete video https://www.youtube.com/watch?v=ztxvByBVcjI

Miyak1 Channel  ( chucking bass )
for more complete video

Belum ada Komentar untuk "Tehnik Bermain Bas Gitar"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel