Tehnik Bermain Gitar

Pada saat ini saya akan membahas tentang tehnik bermain gitar Tapping, Palm Mute, Artificial Harmonics dan Natural Harmonics. Keempat  tehnik itu merupakan trik-trik bermain gitar melodi, dan bas, juga ada yang bisa untuk  genjrengan. 

Tapping.
Tapping merupakan tehnik bermain gitar dengan cara diketuk. Tehnik ini banyak dipakai oleh gitaris musik rock, kadangkala gitaris fingerstyle. 
Tehnik tapping ini membunyikan senar dengan cara diketuk oleh jari  ( jari manapun boleh ).  Pada umumnya tehnik ini dipadukan dengan tehnik hammer on dan tehnik pull off. Ada orang yang berpendapat bahwa tehnik tapping adalah gabungan antara tehnik hammer on dan tehnik pull off padahal bukan.  Alasannya tapping itu tidak harus menggunakan 2 tangan sedangkan hammer on dan pull off harus menggunakan 2 tangan. Tehnik tapping umumnya digunakan untuk melodi kadangkala bas. Jika anda ingin lihat contoh tapping dalam video silakan buka Tapping Pada Gitar.

Palm mute
Tehnik palm mute adalah tehnik bermain gitar dengan cara telapak tangan kanan ( bukan kidal ) ditempatkan pada  pancang tali gitar ( bridge gitar ) atau jembatan gitar kemudian telapak tangan menyentuh sedikit bagian senar yang akan dibunyikan. 
Gitaris musik rock yang sering menggunakan tehnik ini. Biasanya tehnik ini digunakan untuk bermain ritem ( genjrengan ) dan bas. Jika suatu saat anda mendengar genjrengan gitar atau bas suaranya terdengar agak dalam, itulah tehnik palm mute.  
Jika anda ingin melihat t⇌ab gitar dan video tentang palm mute silakan buka Palm Mute Pada Gitar.

Artificial Harmonics.
Tehnik Artificial Harmonics adalah tehnik bermain gitar dengan cara jari telunjuk tangan kanan ( bukan kidal ) menyentuh senar (bukan ditekan) dan jari manis tangan kanan  membunyikan senar. Intinya, jari tangan kiri menekan senar  dan jari kanan bersamaan ( telunjuk menyentuh dan jari manis membunyikan ) setelah itu langsung jauhkan kedua jari itu dari senar.  
Untuk tehnik ini jarak terbaik antara jari tangan kiri menekan senar dan telunjuk tangan kanan menyentuh senar adalah 1 oktaf. Ini merupakan jarak yang paling nyaring suaranya. Untuk lebih jelasnya silakan buka postingan Artificial Harmonics Pada Gitar.
Tehnik ini sering digunakan oleh gitaris solo yang bermain klasik dan fingerstyle. Umumnya menggunakan gitar akustik.

Natural Harmonic
Tehnik Natural Harmonics adalah tehnik bermain gitar dengan cara jari tangan kiri ( bukan kidal ) menyentuh senar ( bukan ditekan ) dan jari tangan kanan membunyikan senar. 
Sebagai contoh, coba anda sentuh fret 12 ( kolom 12 ) senar 1 pakai tangan kiri dan bunyikan senar 1 itu pakai tangan kanan. Caranya bersamaan (menyentuh dan membunyikan ) lalu langsung jauhi senar 1 itu. Jika ingin lihat videonya silakan buka Natural Harmonics Pada Gitar.

Saya tahu bahwa postingan ini terlalu sedikit yang dibahas, jika anda ingin tahu lebih banyak tentang tehnik bermain gitar, silakan buka postingan yang berjudul Simbol-Simbol Tab Gitar. Di sana dibahas tentang simbol-simbol tab gitar yang merupakan trik-trik bermain gitar atau tehnik-tehnik bermain gitar. Di sana tinggal klik link-nya untuk melihat video contoh dari tehnik yang dibahas.

Semoga postingan ini berguna.




Belum ada Komentar untuk "Tehnik Bermain Gitar"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel