Cara Improvisasi Melodi Part 2

Pada saat ini saya akan membahas cara improvisasi melodi musik rock and roll. Bagi anda yang akan belajar improvisasi melodi silakan ikuti bahasan ini. Dilengkapi gambar scale dan video contoh, sehingga mudah dimengerti.

Ada 3 hal penting yang berhubungan erat dengan improvisasi melodi  yaitu chords, scale dan feel. Di sini akan saya bahas sedikit tentang ketiga hal tersebut.

Chords / Akor
Rock and roll standar menggunakan chords / akor dominant 7, misalnya nada dasar A menjadi A7.  Umumnya lagu rock and roll memiliki 12 bar dengan 3 chords. Dalam nada dasar A rinciannya sebagai  berikut.
A7 berjumlah 4 bar
D7 berjumlah 2 bar
A7 berjumlah 2 bar
E7 berjumlah 1 bar
D7 berjumlah 1 bar
A7 berjumlah 1 bar
E7 berjumlah 1 bar

Scale
Rock and roll umumnya menggunakan scale pentatonic major ditambah unsur dominant 7. Jika menggunakan alat musik gitar, susunannya seperti di bawah ini.



Pada gambar di atas ada not  1, 2, 3, 5 dan 6 adalah pentatonic major dan  4 gambar lingkaran (A7, D7, E7) adalah not pembentuk dominant 7.  Bagi anda yang ingin belajar  melodi rock and roll harus hapal scale di atas. Mungkin ada beberapa scale lain untuk rock and roll. 

Feel
Setelah  tahu chords dan scale selanjutnya harus punya feel ( rasa ). Feel ini agak sulit diajarkan karena feel ini adanya didalam diri. Namun jika ingin belajar, saya akan bercerita sedikit. Dulu ketika saya belajar melodi rock and roll, yang sering saya lakukan adalah mendengar lagu rock and roll dan meniru (dipraktekkan). Jika sering mendengar dan meniru nantinya akan bisa dan secara otomatis kita akan memiliki feel. Asal tahu saja, pada dasarnya belajar musik itu adalah meniru, setelah meniru baru memodifikasi dan mencipta.

Baiklah saya akan coba mempraktekkan scale di atas dengan menggunakan alat musik gitar. Saya akan coba variasikan notasi di atas. Mungkin permainan melodi saya agak campur aduk antara melodi rock and roll dan blues, maklum sudah jarang mendengar atau main musik rock and roll. Lagipula blues dan rock and roll itu satu keluarga. Bahkan ada orang yang berkata bahwa rock and roll itu adalah blues yang dipercepat. Jangan dipusingkan dengan pendapat orang. 



Pada video di atas saya menggunakan scale yang ada di atas, tidak pindah ke posisi lain. Perhatikan saat perpindahan akor (lihat notasi drum yang ada chords-nya), saya memainkan melodi  sesuai dengan aturan yang ada pada postingan Cara Improvisasi Melodi. Jika anda belum tahu cara improvisasi melodi sebaiknya baca postingan tersebut, pada postingan itu dijelaskan melodi dengan notasi dan chords.

Video di atas hanya sebagai contoh saja, jauh dari harmoni.  Terpenting adalah anda mengerti dan anda nanti bisa mempraktekkan lebih baik dari ini. 
Semoga  berguna.

Belum ada Komentar untuk "Cara Improvisasi Melodi Part 2"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel