Fungsi Capo Gitar


Fungsi capo gitar  atau kegunaan capo gitar dibahas disini. Dilengkapi dengan gambar capo gitar dan penjelasan cara pemakaian,  mudah dimengerti.

Sebelumnya, saya akan bahas terlebih dahulu tentang kata capo.
Capo kependekan dari capodastro, namun kata ini berasal dari kata capotasto ( Bahasa Itali  ). Arti dari capotasto adalah mur dari alat gesek.

Fungsi capo adalah untuk menaikkan nada pada fret. Misalnya anda terbiasa menggunakan nada dasar C atau chord C. Ketika bernyanyi, anda merasa kerendahan dan anda ingin menaikkan nada sebanyak 1 nada. Namun jika dirubah menjadi nada dasar D,  anda tidak tahu pindah akor/chord-nya atau variasi akornya apa saja. Di saat itulah anda butuh capo, caranya anda pasang capo pada fret ke-2 maka suara C yang anda pegang akan bernada D.

Bagi orang yang sudah mahir bermain musik, ketika menggunakan capo, mungkin merasa tidak leluasa. Alasannya jumlah fret gitar menjadi berkurang. Misalnya biasa bermain melodi dari rendah ke tinggi atau dari depan ke belakang dengan  menggunakan banyak fret, lalu fretnya berkurang. Ini akan jadi masalah, apalagi jika capo dinaikkan 2 nada.

Di sisi lain banyak juga yang mahir bermain gitar menggunakan capo, terutama untuk solo gitar atau fingerstyle gitar. Di sini capo berguna untuk memudahkan jangkauan tangan, karna dengan menggunakan capo maka fret-fret yang lebih lebar menjadi berkurang.  Contohnya, jika anda menggunakan capo untuk nada dasar  D maka 2 fret tidak digunakan dan 2 fret itu yang paling lebar ( fret ke-1 dan ke-2 ). Dengan kata lain, jangkauan tangan akan lebih mudah karena fret-fret tidak terlalu lebar. Selain itu orang menggunakan capo untuk mempertahankan nuansa nada, misalnya akor C yang umum ada senar lepas dan senar yang ditekan akan berbeda suaranya dengan akor C yang bentuk akornya menggunakan senar yang ditekan semuanya.

Bagi yang sudah lama bermain gitar, capo bukan hal yang baru. Namun bagi yang baru belajar gitar mungkin akan bertanya apa itu capo gitar ?
Untuk lebih jelasnya lihat bentuk capo di bawah ini.



Capo diletakkan pada fret yang dikehendaki, caranya tinggal dijepitkan saja. Susunan nada jika menggunakan capo seperti berikut,
Pasang capo pada fret ke-1 artinya naik ½ nada. Jika anda pegang akor C maka menjadi C#. Jika anda pegang akor F maka menjadi F#.
Pasang capo pada fret ke-2  artinya naik 1 nada. Jika anda pegang akor C maka menjadi D. Jika anda pegang akor F maka menjadi G.
Selanjutnya tinggal hitung, semua akor akan naik dengan hitungan setiap fret bernilai ½ nada.

Jika anda ingin mencoba penggunaan capo seperti di atas, dan anda tidak punya capo. Coba anda gunakan pensil dan karet. Meskipun tidak akan bagus suaranya, paling tidak itu sudah bisa membuktikan penggunaan capo gitar. Dan nadanya memang berubah ½ nada jika anda pakai capo pada fret ke-1.

Selain capo bentuk di atas, ada juga capo yang dilengkapi dengan tuner ( alat untuk stem gitar ). Jadi capo ini punya 2 fungsi, sebagai alat meningkatkan nada dan sebagai alat stem. Lihat gambarnya di bawah ini.




Asal tahu saja bahwa capo memiliki banyak bentuk. Sementara harga capo berbeda-beda, mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu. Perlu anda tahu capo yang harganya sekitar  25 ribuan juga ada.
Semoga postingan ini berguna.









Belum ada Komentar untuk "Fungsi Capo Gitar"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel