Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencari Nada Dasar Lagu

Cara mencari nada dasar yang tepat ( vocal ) atau cara menentukan nada dasar yang tepat pada sebuah lagu dibahas di sini. Dilengkapi tabel nada / chords sehingga mudah dimengerti.

Bagi anda yang bisa main musik dan belum begitu bisa menentukan nada dasar penyanyi, saya sarankan, langsung praktekkan.

Mainkan alat musik anda dan beryanyi lagu apa saja – nada dasar apa saja boleh ( yang anda bisa ). Sebaiknya direkam pakai ponsel misalnya. Tapi jika tidak direkam pun tidak apa-apa. Setelah itu coba anda dengarkan hasilnya jika direkam.

Perhatikan bagian lagu mana yang kerendahan dan bagian mana yang ketinggian. Jika anda tidak merekam, anda bisa rasakan bagian lagu yang mana yang terasa kerendahan atau ketinggian.

Contoh, jika anda bermain dengan nada dasar C, kemudian anda merasa bahwa lagu yang anda nyanyikan kerendahan maka sebaiknya dinaikkan nada dasarnya menjadi E, jadi naik 2 nada. Nyanyikan lagi lagu itu dengan nada dasar E. Jika anda merasakan masih kerendahan maka naikkan 1 ½ nada. Namun jika anda merasa ketinggian turunkan 1 nada. Singkatnya anda harus mencoba dan mencoba sampai anda benar-benar nyaman dengan nada dasar yang anda mainkan. Jika anda tidak tahu merubah chords karena berganti nada dasar, di bawah ini adalah tabel susunan akor sederhana yang bisa dijadikan pedoman dalam merubah nada dasar.


gambar tabel chord dasar


Klik gambar untuk memperbesar.

Pada tabel di atas susunan angka dari 1 sampai 12 (ke bawah) adalah nama chords, sedangkan angka 1 sampai 7 adalah tangga nada.

Nada dasar atau chords di atas ( angka 1 sampai 12 ), jika makin ke bawah semakin tinggi. Misalnya C dengan D maka lebih tinggi D, lebih tepatnya D lebih tinggi 1 nada daripada C. Kemudian F dengan F# tentu saja lebih tinggi F# ½ nada. Setelah anda tahu itu, anda tinggal melihat susunan chords di atas jika akan melakukan transpose atau merubah nada dasar. Jika tabel di atas kurang memadai untuk akor yang anda mainkan, silakan anda buka postingan yang berjudul Tabel Transpose Nada / Chords. Di sana diberitahukan cara transpose chords / nada dasar.

Sekedar contoh, jika ada lagu Susunannya C – Am – G – F – C kemudian akan diubah menjadi nada dasar G. Lihat tabel di atas lalu samakan kolomnya.

C (kolom 1) menjadi G (kolom 1)

Am (kolom 6) menjadi Em (kolom 6)

G (kolom 5) menjadi D (kolom 5)

F (kolom 4) menjadi C (kolom 4)

C (kolom 1) menjadi G (kolom 1)

Hasilnya menjadi G – Em – D – C - G.

Selanjutnya, perlu anda tahu bahwa lagu itu ada yang sulit, sedang dan mudah. Karena bahasannya mengacu pada rendah dan tinggi dalam lagu, maka saya akan bahas tentang range melodi lagu. Yang dimaksud dengan lagu sulit (dalam range suara) adalah lagu yang memiliki range minimal 1 oktaf 5 not, sedangkan lagu sedang saya anggap rangenya 1 oktaf + 2 not sampai 1 oktaf 4 not, dan lagu mudah adalah yang range-nya sekitar di bawah 1 oktaf 2 not.

Ketika anda merubah nada dasar tapi tidak pernah bisa cocok / nyaman, padahal sudah anda coba semua nada dasar / chords. Singkat kata tidak ada nada dasar yang cocok (ada yang kerendahan, ada ketinggian). Jika masalahnya begitu, artinya range suara anda kurang luas dibandingkan dengan range melodi lagu. Lebih jelasnya begini. misalnya sebuah lagu memiliki range melodi 1 oktaf 5 not. Kemampuan suara anda hanya 1 oktaf 3 not. Maka nada dasar apapun kurang bagus / tidak cocok. Untuk mengakali lagu seperti ini, umumnya penyanyi menggunakan suara falsetto. Teknik falsetto ini seringkali digunakan oleh penyanyi Afgan.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mencari Nada Dasar Lagu"