Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Da Capo

Da capo al fine dan da capo al coda yang akan dibahas pada postingan kali ini. Dilengkapi dengan gambar notasi dan video, sehingga mudah dimengerti.

Sebelum membahas itu, saya akan bahas terlebih dahulu arti kata da capo dan lainnya, supaya lebih mudah dipahami bahasan ini. Istilah musik ini berasal dari Bahasa Itali.

D.C. = Da Capo artinya dari awal ( da = dari ; capo = kepala / awal ). Dalam musik arti D.C. adalah pengulangan mulai dari awal bar (dalam paranada).

D.C.al Fine = Da Capo al Fine artinya pengulangan dari awal dan berakhir pada bar yang ada kata fine, ( al = pada ; fine = akhir ).

D.C.al Coda = Da Capo al Coda artinya pengulangan dari awal dan pindah pada coda, ( coda = ekor / belakang ). Dalam da capo al coda harus diikuti “to coda” karena to coda inilah yang memberikan perintah agar pindah ke coda (bagian belakang).

Supaya lebih jelas, saya bahas satu persatu dengan menggunakan notasi dan video.

Di bawah ini adalah D.C. ( Da Capo ) dan tanda ulang bar.


gambar contoh da capo


Klik gambar untuk memperbesar.

Pada bar ke-5 ada D.C. ( Da Capo ) artinya notasi dimainkan dari awal ( bar ke-1 ) sampai bar ke-5 yang ada Da Capo kemudian diulang sebanyak 5 bar juga dari bar ke-1 sampai bar ke-5. Setelah itu masuk ke bar pengulangan.

Pada bar ke-6 sampai bar ke-8 ada tanda bar pengulangan (garis miring dan 2 titik). Notasi dari tanda bar pengulangan diambil dari bar sebelumnya yaitu bar ke-5. Jadi bar ke-6 sampai bar ke-8 suaranya sama dengan bar ke-5. Agar lebi jelas lihat video di bawah ini.



Berikutnya adalah D.C. al Fine. Lihat gambar di bawah ini.


gambar contoh notasi da capo al fine


Keterangan :

Pada bar ke-3 ada D.C. al Fine artinya notasi dimainkan pada bar ke-1 sampai bar ke-3 kemudian ulangi dari bar ke-1 hingga bar ke-3, setelah itu lanjutkan pada bar ke-4 sampai bar ke-6, lalu pada bar ke-6 itu ( bar yang ada tulisan fine ) berakhir.

Untuk lebih jelasnya lihat video di bawah ini.



Berikutnya Da Capo al Coda ( D.C. al Coda). Lihat gambar di bawah ini.


gambar contoh notasi da capo al coda


Keterangan :

Pada bar ke-2 ada kata to coda dan bar ke-4 ada D.C. al Coda dan bar ke-6 ada tanda coda.

Jika dimainkan maka notasi mulai dimainkan pada bar ke-1 sampai bar ke-4. Setelah itu karena ada Da Capo pada bar ke-4 maka notasi akan diulang tapi dimainkan mulai dari bar ke-1 sampai bar ke-2 karena pada bar ke-2 ada to coda, (to coda = menuju tanda coda) dan tanda itu berada pada bar ke-6. Jadi setelah bar ke-2 maka meloncat ke bar ke-6 ( yang ada tanda coda ). Setelah itu notasi akan dimainkan pada bar ke-6 sampai bar ke-8.

Supaya lebih jelas lihat video di bawah ini.



Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Da Capo"